Teknik Informatika UNM

Pengertian Soket Processor

Ditulis oleh: -
Soket Prosesor

   Socket Processor adalah interface atau tempat untuk meletakkan processor pada motherboard. Socket processor yang pilih akan menentukan processor apa yang sesuai dengan motherboard. Pada motherboard komputer, processor terpasang pada secket atau slot, tergantung jenis processornya. sejak generasi 486, intel processor agar dapat diganti/ditukar dengan mudah oleh pemakai dengan processor lain yang sejenis.
   selain sistem socket, ada pula jenis untuk meletakkan processor berbentuk slot. Seperti penempatan pada processor P3 500 dan generasi sebelumnya, tetapi tidak semua processor P3 500 menggunakan processor bersistem letak slot. Untuk processor keluaran terbaru, semua processor menggunakan sistem letak socket. Yang harus perhatikan dalam pemasangan processor adalah, kecocokan antara jumlah pin pada processor dan socket yang ada pada motherboard. karena jika ada ketidakcocokan antara kedua komponen tersebut, akan berkaitan kurang baik pada sistem komputer. Bahkan tidak dapat saling terhubung, atau bisa dipasang.
   Sebagai tempat/dudukan processor pada motherboard, dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat terancapnya kaki-kai (pin-pin) processor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan,letak,dan jarak antara lubang sama persis dengan susunan,letak,dan jarak antara pin-pin pada prosesor.

   Istilah soket (nama lengkapnya adalah soket CPU atau soket prosesor) telah digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor yang menghubungkan motherboard dengan prosesor, khususnya untuk tipe komputer desktop dan sever. Prosesor yang dimaksud disini terutama prosesor berarsitektur Intel x86.
   Banyak sekali ditemukan soket-soket pada motherboard yang diproduksi menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). Seperti telah disinggung diatas, pada soket tersebut banyak lubang-lubang tempat tertancapnya (diselipkannya) pin-pin atau kaki-kaki prosesor yang terletak disisi bawah permukaan prosesor. Contoh soket yang menggunakan arsitektur ini adalah soket 370 (untuk dudukan prosesor intel pentium 3), soket 423 dan soket 478 (untuk dudukan prosesor intel pentium 4).
   Selain tipe PGA terdapat pula tipe lainnya, misalnya LGA (Land Grid Array). pada tipe LGA, pin-pinnya tidak terdapat pada prosesor, tetapi terdapat pada soket. Jika pada arsitektur PGA, pin-pinnya terletak pada prosesor, maka pada LGA, pin-pinnya ada pada soket. Pin-pin ini yang kontak langsung dengan sisi bawah/dasar prosesor tipe LGA.
Bagikan artikel ini pada :

Terima kasih Anda sedang membaca artikel Pengertian Soket Processor. Jangan lupa masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari Ilmu Jaringan dan Komputer.


Your information will not be shared. Ever.
Support : Copyright © 2013. Ilmu jaringan dan Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Kang Kapuk
Proudly powered by Blogger