Pengertian motherboard serta fungsinya

MOTHERBOARD

Motherboard atau disebut juga dengan mainboard merupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan semua komponen/device/pheriferal pada satu papan board saling berhubungan satu sama lain. Melalui motherboard sistem komputer bekerja. Motherboard merupakan komponen utama sebuah PC, karena pada morherboard semua komponene PC anda akan disatukan. Motherboard adalah papan rangkaian utama pada komputer dimana processor,memory dan peripheral-pheryperal lainnya terpasang. Adapun fungsi motherboard selengkapnya adalah:

1. Tempat memasang atau meletakkan semua komponen komputer yang terdapat dalam casing.
2. Menghubungkan satu piranti dengan piranti lainnya.
3. Pusat pengendalian yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.
4. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
5. Mengatur lalu lintas data.



Komputer merupakan peralatan elektronik dirancang secara modular, artinya setiap komponen pada komputer dibuat secara terpisah. Motherboard berfungsi menghubungkan dan menyatukan setiap komponen tersebut menjadi sebuah sistem komputer. Untuk menghubungkan setiap komponen tersebut. Karena fungsinya tersebut, maka peranan motherboard pada sistem komputer sangat penting. Kualitas sebuah komputer salah satunya sangat ditentukan oleh kualitas motherboard.
    Terdapat banyak tipe motherboard, namun kualitas motherboard ditentukan oleh chipset yang tertanam didalamnya. beberapa tipe motherboard antara lain:
- Gigabyte
- Intel
- SIS
- Nvidia Nforce
- VIA
- Asrock
- Next, dll

Jenis dari motherboard ditentukan berdasarkan jenis prosesor yang digunakan nantinya, karena setiap prosesor menggunakan motherboard yang berbeda dan jenisnya spesifik. Kita dapat melihat dan menentukan prosesor apa yang dapat digunakan oleh suatu motherboard dengan cara melihat kode jenis soketnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian motherboard serta fungsinya"