Pengertian Rails,PFC (Power Factor Corection) dan Sinyal Power Good

Rails

 Rails adalah pengantar sistem tenaga yang digunakan pada power suplai. teganagan dari power supply ada beberapa macam. namun yang paling banyak digunakan adalah +12V, sehingga pada umumnya rail +12V lebih dari satu. Banyak rail pada tegangan yang sama memungkinkan komputer lebih stabil.


PFC (Power Factor Correction)

Power Factor adalah ukuran seberapa efisien power supply dalam mengkonsumsi daya listrik. Fitur ini hanya ada pada power supply middle-end hingga high-end. power supply dengan PFC memungkinkan pasokan daya yang lebih stabil dan seperlu mungkin (tergantung nilai PFCnya.)


Sinyal Power_Good

Selain untuk menyuplai tenaga listrik yang menjalankan sistem, power supply juga memastikan bahwa sistem tidak akan berjalan kecuali power supply cukup untuk menjalankan sistem dengan baik. Dengan kata lain, power supply mencegah komputer untuk mulai dijalankan sampai tegangan power supply ada pada daerah yang telah ditentukan.
      
Power supply melakukan pemeriksaan dan tes internal secara lengkap sebelum mengijinkan sistem mulai dijalankan. Jika tes tersebut berjalan dengan baik maka power supply akan mengirimkan tanda khusus pada motherboard yang disebut Power Good. tanda tersebut biasanyaberupa lampu led yang menyala berwarna hijau pada saat tombol power ditekan. Tanda ini harus ada saat sistem berjalan. Saat tegangan AC melonjak dan power supply tidak dapat mempertahankan output maka tanda Power_Good akan turun dan lampu hijau akan berkedip-kedip dan memaksa sistem melakukan reset. Sistem tidak akan melakukan restart samapi tanda Power_Good kembali. Tanda Power_Good, kadang-kadang disebut Power_OK atau PWR_OK, merupakan sinyal sangat aktif +5v.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Rails,PFC (Power Factor Corection) dan Sinyal Power Good"