Defenisi sistem operasi




      Pelajaran A
Operating System Basics
Sistem operasi telah berkembang melalui jalan yang panjang. Dari yang
paling sederhana sampai yang paling modern dewasa ini. Masing-masing
memiliki kelebihan dan kekurangan terutama sehubungan dengan fungsi-fungsi
yang dimilikinya. Pada bagian berikut ini akan dibahas beberapa sistem operasi
yang banyak digunakan dan familiar bagi pengguna komputer.
·         Real Time Operating System
Secara umum, sebuah sistem operasi (OS) bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya perangkat keras dari sebuah komputer dan hosting aplikasi yang berjalan pada komputer.. RTOS melakukan tugas-tugas ini, tetapi juga dirancang khusus untuk menjalankan aplikasi dengan waktu yang sangat tepat dan tingkat kehandalan yang tinggi.Ini bisa sangat penting dalam pengukuran dan sistem otomasi di mana downtime yang mahal atau keterlambatan program bisa menyebabkan bahaya keselamatan.
Untuk dipertimbangkan "real-time", sebuah sistem operasi harus memiliki waktu maksimum yang dikenal untuk masing-masing operasi yang melakukan (atau setidaknya dapat menjamin bahwa yang paling maksimum dari waktu).. Beberapa operasi ini termasuk panggilan OS dan penanganan interupsi. Sistem operasi yang benar-benar dapat menjamin waktu maksimum untuk operasi ini disebut sebagai "keras real-time", sedangkan sistem operasi yang hanya dapat menjamin maksimal sebagian besar waktu yang disebut sebagai "soft real-time". Untuk sepenuhnya memahami konsep-konsep ini, akan sangat membantu untuk mempertimbangkan contoh.
Bayangkan bahwa Anda sedang merancang sebuah sistem airbag untuk model baru dari mobil.. Dalam hal ini, kesalahan kecil dalam waktu (menyebabkan airbag untuk menyebarkan terlalu awal atau terlalu terlambat) bisa menjadi bencana besar dan menyebabkan cedera.. Oleh karena itu, sistem real-waktu sulit diperlukan.. Di sisi lain, jika Anda adalah untuk merancang sebuah ponsel yang menerima streaming video, mungkin ok untuk kehilangan sejumlah kecil data kadang-kadang meskipun rata-rata adalah penting untuk menjaga dengan streaming video. Untuk aplikasi ini, sistem real-time operasi ringan mungkin cukup.
 Titik utama adalah bahwa, jika diprogram dengan benar, RTOS dapat menjamin bahwa program akan berjalan dengan waktu yang sangat konsisten. t. Real-time sistem operasi melakukan hal ini dengan menyediakan programmer dengan tingkat kontrol yang tinggi atas bagaimana tugas-tugas yang diprioritaskan, dan biasanya juga memungkinkan memeriksa untuk memastikan bahwa tenggat waktu penting terpenuhi.
.Berbeda dengan real-time sistem operasi, sistem operasi yang paling populer untuk penggunaan komputer pribadi (seperti Windows) disebut tujuan umum sistem operasi.. Sementara lebih mendalam informasi teknis tentang bagaimana real-time sistem operasi berbeda untuk tujuan umum sistem operasi diberikan dalam bagian bawah, penting untuk diingat bahwa ada keuntungan dan kerugian untuk kedua jenis OS.. Sistem operasi seperti Windows yang dirancang untuk lancar menjalankan banyak program dan layanan sekaligus, sedangkan real-time sistem operasi yang biasanya dirancang untuk menjalankan satu aplikasi yang sangat andal dan dengan waktu yang tepat.
·         Single –user / Single –tasking Operating Systems
Sebuah single-user sistem operasi yang merupakan sistem tugas tunggal dikembangkan untuk digunakan dengan komputer atau perangkat elektronik yang hanya akan menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Jenis OS biasanya digunakan pada perangkat seperti telepon nirkabel dan perangkat dua arah pesan. Sebuah tugas, tunggal single-user sistem operasi hanya dapat menjalankan satu program atau aplikasi pada satu waktu, dan jadi tidak berguna untuk komputer atau perangkat lain yang dimaksudkan untuk menjalankan beberapa program sekaligus.
Meskipun sistem operasi single-user dapat terhubung ke komputer lain dan sistem melalui jaringan, itu masih hanya digunakan oleh single user. Selama komputer hanya memiliki satu monitor, keyboard dan perangkat input lainnya, maka itu adalah sistem single-user. Komputer lain dapat mengakses data pada komputer, tetapi jika pengguna dari komputer juga dapat menjalankan aplikasi pada komputer yang mereka lihat di monitor pada akhir mereka sendiri, itu masih merupakan sistem single-user.

·         Single – user / multitasking Operating System
Sebagai perapian di tungku-pengguna / sistem operasi multitasking adalah salah satu yang memungkinkan pengguna tunggal untuk melakukan dua atau lebih fungsi sekaligus. Dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus untuk menjaga dua atau lebih tugas berjalan sekaligus. Com paling ¬ monly digunakan komputer pribadi biasanya menjalankan OS tersebut, termasuk Microsoft Windows dan Sistem Operasi Macintosh). Fitur multitasking OS ini telah sangat meningkatkan produktivitas orang dalam berbagai pekerjaan yang besar karena mereka dapat mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.
Multi-tasking adalah kemampuan untuk beroperasi lebih dari satu program pada satu waktu. Ada dua jenis multi-tasking juga, preemptive dan cooperative. Preemptive berarti bahwa setiap program dapat meminta jumlah sumber daya yang dibutuhkan, dan sistem operasi akan mengambilnya dari sebuah program yang tidak menggunakannya. Koperasi berarti bahwa program harus dirancang untuk berbagi sumber daya, atau mana program berjalan di latar depan akan mendapatkan semua sumber daya. Ini berarti bahwa program latar belakang, seperti media player memainkan sebuah lagu, tidak bisa bermain musik saat Anda surfing suatu halaman web, kecuali program yang dirancang untuk melakukan itu.

·         Multi-User/Multitasking Operating Systems
Multi-user berarti sistem operasi memiliki perbedaan yang jelas antara pengguna. Pengguna tidak dapat menghancurkan file masing-masing, dan pengguna unprivleged tidak dapat membuat perubahan pada sistem itu sendiri, seperti menginstal perangkat lunak baru.

Mult-tasking (koperasi) pengguna, tunggal - Windows 3.1, Mac OS 9.

Multi-tasking (preemptive) pengguna, tunggal - Windows 95/98/ME

Multi-tasking (preemptive), multi-user - Windows NT/2000/XP/Vista, Mac OS X, Linux

Providing a User Interface
GUI
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Pengguna GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.
GUI atau Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Hal ini termasuk untuk GUI sistem pengenal suara,GUI ini diperlukan agar orang awam mudah dalam mempelajari dan menggunakan sistem tersebut. Untuk lebih kenal dekat dengan GUI, anda dapat perhatikan pada komputer masing-masing yang mana telah dibalut oleh GUI. Contoh saja Sistem Operasi Windows anda atau pun Linux, memiliki tampilan yang disesuaikan dengan cara penggunaan sistem. Berikut ini salah satu sreenshoot dari Sistem Operasi Windows 7 yang juga dibangun dari komponen GUI.
Description: Interface_windows
Nah, itulah yang bisa anda pahami tentang GUI. Dimulai dari penggunaan sistem komputer, software, Navigasi, Interaksi interface masing-masing sistem, dan kenyamanan penggunaan pada komputer anda.
Jadi intinya adalah GUI merupakan fasilitas komunikasi antara user (pengguna) dengan system/aplikasi pada komputer.
      Fungsi GUI
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan

CLI

CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.


Jadi, GUI merupakan antarmuka yang menggunakan input dari keyboard untuk bisa berinteraksi dengan komputer tersebut. CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server. Karena menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan cepat daripada menggunakan GUI. Untuk berinteraksi dengan komputer, harus dengan menggunakan bafris perintah yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi, untuk orang yang masih awam menggunakan mode CLI, masih dirasa cukup repot untuk menggunakannya.

Description: http://1.bp.blogspot.com/_EPLPCEfMjOk/TPirisHbkfI/AAAAAAAAADo/ZkhCFPt0TyQ/s400/4.png
gambar : CLI pada Ubuntu

Contoh sistem operasi yang menggunakan CLI adalah Ubuntu Server dan Windows Server 2008.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa GUI dan CLI merupakan tampilan antarmuka yang digunakan sesuai kebutuhan para penggunanya. Pada GUI menggunakan mode grafis, dan pada CLI menggunakan mode baris perintah atau text.

Running Programs
Sistem operasi menyediakan imcrface konsisten antara program aplikasi dan pengguna juga merupakan antarmuka antara program-program dan sumber daya komputer lain seperti memori, printer, atau program lain. Programmer menulis program com-puter dengan built-in instruksi yang disebut system call *- bahwa permintaan jasa ¬ keburukan dari sistem operasi. Mereka busur dikenal sebagai "panggilan" karena program ini memiliki panggilan ro pada sistem operasi untuk menyediakan beberapa informasi atau layanan.
Sharing Information
Banyak jenis aplikasi membiarkan Anda memindahkan potongan data dari satu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin menyalin grafik dari program spreadsheet dan tempat copy pada dokumen dalam program pengolah kata operasi Beberapa. Sistem mencapai prestasi ini dengan fitur yang dikenal sebagai Clipboard. Clipboard adalah ruang memegang sementara (dalam memori komputer) untuk data yang sedang disalin atau dipindahkan. Clipboard tersedia untuk digunakan oleh aplikasi yang berjalan dibawah sistem operasi. Sebagai contoh, jika Anda pergi ke Jika Anda ingin mempelajari Fitur baru lainnya atau butuh bantuan pemecahan masalah dengan program perangkat lunak, jawabannya mungkin pada hard disk Anda atau Internet.
Using Local Online Help
Sebagian besar sistem operasi dan aplikasi komersial termasuk sistem bantuan online yang diinstal pada komputer Anda bersama dengan perangkat lunak. Generasi baru sistem bantuan meliputi deskripsi, tips, audio / video demonstrasi, hyperlink, dan link ke Internet berbasis tesources.
Untuk menemukan bantuan pada hard disk Anda, buka sistem bantuan dan mencari jawaban. Untuk mendapatkan bantuan dengan sistem operasi Windows XP, misalnya, klik tombol Start dan pilih Bantuan dan Dukungan dari menu Start. Dalam setiap aplikasi Windows, klik menu Bantuan dan pilih Isi atau Topik Bantuan. Sebuah jendela Bantuan muncul, menyediakan alat-alat yang memungkinkan Anda mencari bantuan dengan cara yang berbeda. Ingat tips berikut:
Anda mungkin tidak menemukan jawaban Anda segera.
Bersiaplah untuk mencoba lagi. »Pelajari Opsi Penelusuran yang berbeda. Sebagian besar berbasis Windows membantu sistem memberikan pilihan yang berbeda untuk mencari bantuan.
Sebagai contoh, Anda mungkin dapat menelusuri daftar topik bantuan yang diselenggarakan oleh kategori. Atau Anda mungkin dapat mencari sistem bantuan untuk topik yang mengandung kata tertentu atau frase. Beberapa sistem membantu membiarkan Anda ketik pertanyaan dalam bahasa Inggris. Jika Anda membutuhkan bantuan pencetakan dokumen, misalnya, Anda dapat mengetik pertanyaan "Bagaimana saya mencetak dokumen?" »Pikirkan Soal di Cara Berbeda. Sebagai contoh, jika Anda ingin membantu dengan mengatur koneksi internet, istilah "Internet," "koneksi", "modem", dan "Dalam akun ¬ ternet" mungkin membawa jawaban yang benar. »Gunakan Bookmark dan Annotations. Sistem bantuan yang paling memungkinkan Anda bookmark topik bantuan khusus sehingga Anda dapat menemukan mereka lagi dengan cepat. Anda juga dapat menambahkan catatan Anda sendiri untuk topik tertentu. Menggunakan Bantuan Online Terpencil Banyak pembuat software menyediakan sumber daya bantuan yang dapat Anda akses melalui Internet. »Dukungan Teknis Berbasis Web. Banyak perusahaan perangkat lunak memiliki Dukungan Bantuan atau link pada halaman web rumah mereka.
Managing Hardware
Ketika program berjalan, mereka perlu menggunakan memori komputer, monitor, disk dri-Ves, dan perangkat lainnya, seperti printer Sistem operasi adalah perantara antara program dan perangkat keras. Dalam sebuah jaringan komputer, sistem operasi juga menengahi antara komputer Anda dan perangkat lain pada jaringan.
·        Processing Interrupts
Sistem operasi merespon permintaan untuk penggunaan memori dan perangkat lainnya, melacak program-program yang memiliki akses ke yang segala perangkat, dan mengkoordinasi (dia hardware yang melakukan berbagai kegiatan, sehingga tidak saling overlap menyebabkan komputer menjadi bingung dan berhenti bekerja. Operasi tersebut sistem menggunakan meminta interupsi (IRQs) untuk membantu proses CPU koordinat
·        Working with Device Drivers
Di samping menggunakan interrupts, sistem operasi sering menyediakan program untuk bekerja dengan perangkat yang khusus seperti printer. Arc ini program yang disebut driver karena mereka memungkinkan sistem operasi dan program lain untuk mengaktifkan dan Inggris-yaitu, "drive"-perangkat keras. Sebagian besar perangkat lunak yang baru Anda beli akan bekerjasama dengan printer Anda, monitor, dan peralatan lainnya tanpa membutuhkan Anda untuk menginstal didorong khusus.
Enhanching an OS woth Utility Software
Backup Utilities
Dalam teknologi informasi, backup atau proses back up adalah membuat salinan data yang dapat digunakan untuk mengembalikan asli setelah peristiwa kehilangan data. Bentuk kata kerjanya adalah kembali dalam dua kata, sedangkan kata benda adalah cadangan. [1]
Backup memiliki dua tujuan yang berbeda. Tujuan utama adalah untuk memulihkan data setelah kerugian, baik itu oleh penghapusan data atau korupsi. Kehilangan data adalah pengalaman yang sangat umum dari pengguna komputer. 67% dari pengguna internet telah menderita kerugian serius data. [2] Tujuan sekunder adalah untuk memulihkan backup data dari waktu sebelumnya, sesuai dengan kebijakan user-defined data retensi, biasanya dikonfigurasi dalam aplikasi cadangan untuk berapa lama salinan data diperlukan.
Anti virus
Virus adalah sebuah program parasit yang dapat menghapus atau berebut file atau mereplikasi sendiri sampai disk host penuh. Seperti yang akan Anda pelajari di "ceramah Komputasi: Virus," virus komputer dapat ia ditularkan dalam berbagai cara, dan pengguna khususnya harus waspada saat men-download file melalui Internet atau menggunakan kembali disket lama yang mungkin terinfeksi. Sebuah utilitas antivirus dapat memeriksa isi dari sebuah disk atau RAM untuk virus tersembunyi dan ubin yang dapat bertindak sebagai tuan rumah untuk kode virus. Efektif produk antivirus tidak hanya mendeteksi dan menghapus virus, mereka juga membantu Anda memulihkan data yang telah hilang karena virus.

Firewall
ISP dan kebanyakan perusahaan menerapkan koneksi khusus coi yang didedikasikan untuk meneliti dan memblokir lalu lintas yang datang dari dan pergi ke Internet. Seperti komputer disebut firewall, dan produsen seperti Cisco, 3COM, dan lain-lain menawarkan produk ini dengan harga yang sangat tinggi. Firewall ini juga membutuhkan orang yang sangat terlatih untuk mengelola mereka. Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan di mana firewall protecting jaringan perusahaan, meninggalkan fungsi firewall-tion para ahli. Di rumah, bagaimanapun, Anda akan ingin memastikan untuk menggunakan cither yang lebih kecil, Icss-cxpcnsivc firewall hardware atau menginstal utilitas perangkat lunak firewall pada setiap komputer langsung terhubung ke Internet. Windows XP datang dengan firewall sederhana yang anda dapat mengaktifkan melalui dialog Properties dari masing-masing koneksi jaringan. Ada program firewall yang busur banyak pihak ketiga, seperti Kcrio Winroutc.
Intrusion Detection
Sementara firewall menawarkan perlindungan dari gangguan dapat diprediksi, perangkat lunak pendeteksi intrusi mengungkapkan jenis serangan firewall adalah menggagalkan, penciptaan catatan dari upaya dan (tergantung dari pada bagaimana Anda mengkonfigurasi itu) memberitahu Anda jenis tertentu upaya penyusupan. Dalam bidang perangkat lunak utilitas yang kompetitif, deteksi intrusi sering ditambahkan sebagai fitur untuk firewall atau dibundel program keamanan Internet.
Screen Savers
Screensaver (gambar animasi) adalah semacam gambar bergerak yang muncul di layar jika kita  tidak menggerakan mouse atau tidak tekan tombol apa saja untuk periode waktu yang dapat diatur.
Screensaver adalah program yang mengaktifkan setelah jangka waktu tertentu telah berlalu tanpa keyboard atau mouse aktivitas dan kosong atau tampilan layar bergerak berbagai objek di layar. screensever yang dapat di  program melalui panel kontrol layar. Akan muncul di layar komputer setelah beberapa waktu berlalu.
Tugas yang paling penting dari screen saver adalah untuk mengurangi pemakaian pada CRT (Control Ray Tube), Ini digunakan untuk mencegah kerusakan pada layar. Layar dapat menerima kerusakan jika jendela yang sama dibiarkan dalam  jangka waktu yang panjang. 
Layar-layar mencegah kerusakan yang disebabkan ketika wilayah yang sama terang dan gelap akan ditampilkan untuk jangka waktu yang lama. 
Consider Your Needs First
Pertimbangkan kebutuhan Anda untuk sebuah sistem operasi baru. Apakah Anda membutuhkan OS yang berbeda untuk menggunakan aplikasi tertentu? Apakah OS yang digunakan di tempat kerja atau sekolah, atau apakah Anda perlu OS-sesuai dengan workgroup? Apakah Anda berencana untuk mengembangkan atau menguji aplikasi yang berjalan pada sistem operasi tertentu? Atau akan sebuah sistem operasi yang berbeda memungkinkan performarvce yang lebih baik dari komputer Anda? Jika Anda menjawab ya untuk semua pertanyaan ini, sebuah OS baru mungkin ide yang baik.
Sebelum menginstal sebuah OS. pastikan bahwa perangkat keras Anda benar-benar kompatibel dengan itu. Jika Anda memiliki keraguan, periksa dengan produsen komputer Anda dan semua perangkat yang melekat padanya. Periksa dengan pengembang sistem operasi untuk melihat apakah 'hardware daftar kompatibilitas "tersedia Dokumen ini dapat menjawab semua perangkat keras Anda yang berhubungan dengan pertanyaan dan dapat ditemukan di situs web pengembang.. Jika Anda mencurigai masalah, mempertimbangkan biaya penggantian keras terhadap menginstal OS baru.
Jika hardware Anda kompatibel, pastikan Anda memiliki sumber daya yang memadai untuk OS baru. Memiliki sumber daya yang memadai dapat menjadi masalah untuk beberapa sistem operasi, seperti Windows 2000 dan XP. yang mengkonsumsi banyak sumber daya sistem. Pastikan PC Anda memiliki cukup daya, memori, dan penyimpanan, bukan hanya untuk OS. tetapi juga untuk aplikasi Anda dan data.
Berikutnya, buatlah daftar semua aplikasi yang Anda gunakan atau berencana untuk menggunakan. dan pastikan mereka akan berjalan di bawah OS yang baru. Pastikan untuk menyertakan utilitas Anda. Internet alat, dan lain-lain. Anda mungkin perlu meng-upgrade atau mengganti sebagian atau semua perangkat lunak Anda untuk mengakomodasi OS baru. Sekali lagi, mempertimbangkan biaya ini terhadap kebutuhan untuk jangka waktu OS.specified baru waktu. Screen saver menampilkan gambar bergerak pada layar dan pada awalnya diciptakan untuk mencegah gambar ditampilkan dari "pembakaran" ke dalam mon ¬ itor. Monitor hari ini s tidak menderita dari masalah ini, tetapi screen saver tetap saya utilitas populer karena mereka dapat menambahkan kepribadian ke sistem pengguna.







Pelajaran  B
Survey of PC and Network Operating System

PC Operating System

Kenapa dalam sebuah komputer membutuhkan sistem operasi? Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menjalankan sebuah komputer yang kita miliki. Tanpa sebuah sistem operasi, komputer yang kita miliki tidak akan dapat ‘berbuat apa-apa’ atau sama juga merupakan benda mati yang tidak berguna. Sistem operasi mengatur segala sesuatu yang ada di dalam komputer, termasuk semua hardware yang ada, memori, harddisk dan lainlainnya sehingga mereka dapat berkerja sama melakukan tugasnya. Sistem Operasi dapat didefinisikan sebagai: Perangkat Lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer (user) dengan perangkat keras (hardware)

Pemakai computer dibagi menjadi:
a. Common user :pengguna komputer biasa.
b. Programmer :Seorang yang membuat aplikasi/program
c. Aplikasi (program) :Sesorang yang menjadi operator pengguna program.

Tujuan dari adanya sistem operasi adalah:
- Menjalankan program-program dari user dan membantu user dalam menggunakan komputer.
- Menyediakan sarana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah (convenient).
- Memenfaatkan perangkat keras computer yang terbatas secara efisien(resource manager).

·         DOS
DOS adalah merupakan sistem operasi pertama Microsoft yang digunakan pada komputer-komputer versi lama. DOS merupakan sistem operasi dasar yang selalu ada pada sistem operasi Windows seakarang ini. Mungkin kini kita sudah jarang sekali menggunakan sistem operasi DOS karena sistem operasi Windows telah memiliki GUI (Graphical User Interface) yang sangat baik.
Walaupun DOS meruapakan sistem operasi ‘kuno’ namun DOS sangat penting untuk kita pelajari. Dengan mempelajari DOS maka kita akan dapat menyelamatkan sistem komputer kita, terutama data-datanya jika suatu saat sistem operasi Windows kita mengalami masalah berat.

·         Windows Professional
adalah sebuah versi sistem operasi  Windows yang merupakan versi pengembangan dari Windows NT versi 4.0, dikeluarkan oleh Microsoft tanggal 17 Februari 2000 di Amerika Serikat, setelah beberapa kali mengalami penundaan peluncurannya.
·         Windows xp
Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.
Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Pada pertengahan 2009, sebuah pabrik pertama mengungkapkan bahwa mereka memiliki sebuah telepon selular berbasis sistem operasi Windows XP.
Sampai dengan akhir Agustus 2009, Windows XP adalah versi yang paling banyak digunakan sistem operasi di dunia dengan pangsa pasar 66,2%, setelah memuncak pada 76,1% pada Januari 2007. Menurut sebuah laporan Net Applications, pengsa pasar Windows XP tertinggi mencapai angka 85,3% pada Desember 2006.

·         The Macintosh OS
Macintosh OS atau yang akrab disebut Mac OS, adalah Operating System atau sistem operasi yang di kembangkan oleh Apple Corp. Mac OS sendiri merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple merupakan sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Description: http://www.indoclass.com/editorial/mac1.jpg
·         Sejarah Mac OS
Mac OS adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos diciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7? atau “Sistem 7?. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.
Awalnya Apple juga sengaja menyembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.
Sistem Mac OS sendiri dapat dibedakan menjadi 2, yakni Mac OS Klasik dan Mac OS X.
·         Mac OS Klasik merupakan sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. OS ini dikenal sebagai suatu sistem yang tidak memiliki sembarang command line atau baris perintah. Sistem operasi ini merupakan sistem yang menggunakan user interface(UI) sepenuhnya.
Description: http://www.indoclass.com/editorial/mac4.jpg
Sedangkan Mac OS X Merupakan versi terbaru dari Mac OS. Huruf X dari Mac OS C diambil dari huruf romawi yang berarti sepuluh. Mac OS X memadukan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac serta Managemen memori yang jauh lebih baik.
Description: http://www.indoclass.com/editorial/mac2.jpg
 


Keunggulan dan Kelemahan Macintosh
1.       Keunggulan Macintosh antara lain :
·         Tidak mudah terkena virus
·         High Performance
·         User Friendly


2.        Kelemahan Macintosh antara lain :
·         Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple tidak memberikan lisence pada perusahaan lain untuk membuat hardware untuk platform Mac OS.
·         Software di Mac OS tidak begitu lengkap dibandingkan dengan Windows.
·         Biayanya mahal.
·         Tidak multitasking.



·         UNIX for Desktop
Sulit untuk dijabarkan UNIX ke satu kelas komputer, karena ini berjalan seperti pada berbagai komputer, termasuk superkomputer, PC notebook, dan segala sesuatu di antaranya. Meskipun UNIX docs tidak memiliki posisi penting dalam pasar untuk sistem operasi desktop, berkat kekuatan dan daya tariknya untuk insinyur dan pengguna lain dari CAD dan CAM software, UNIX telah populer untuk workstation bertenaga tinggi.
UNIX bukanlah merupakan untuk menjadi lemah jantung karena command-line interface,  nbpetunjuk samar, dan fakta bahwa requites banyak perintah untuk melakukan tugas-tugas yang sederhana. Namun, mereka yang telah bekerja dengan UNIX telah menemukan kekuatan dan stabilitas dari 05 sepadan dengan upaya untuk mempelajari perintah.
  • Linux for Dekstop
Linux pertama kali dibuat oleh Linus Benedict Torvalds, seorang mahasiswa di Helsinki University, Finlandia. Berawal dari keresahan beliau akan sistem operasi sejenis UNIX, yang memiliki kualitas tinggi dan berjalan di komputer i386-nya. Maka, dengan mengikuti standart POSIX (Portable Operating System Interfase), beliau menulis Linux dari awal. Pada awalnya, beliau menganggap ini hanya sebagai sebuah hobi, tetapi begitu di lempar ke Internet, kita bisa melihat betapa besarnya hobi tersebut. Berikut ini adalah saat dimulainya Linux dengan satu posting yang dilempar Linus di comp.os.minix pada Agustus 1991.
Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU, sistem operasi 32-64 bit, yang merupakan turunan dari Unix dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga prosesor RISC. Linux sebagai program open source yang gratis Salah satu yang membuat Linux terkenal adalah karena gratis. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang kedua dinamika.
Jika perangkat lunak komersial tidak memperkenankan Anda untuk mengetahui kode sumbenya maka Anda tidak akan pernah tahu apakah program yang Anda beli dari mereka itu aman atau tidak (sering disebut security by obscurity). Hidup Anda di tangan para vendor. Dan jika ada pemberitahuan tentang bug dari perangkat lunak komersial tersebut, seringkali sudah terlambat. Dengan Linux, Anda dapat meneliti kode sumbernya langsung, bersama dengan pengguna Linux lainnya. Berkembangnya pengguna Linux sebagai komunitas yang terbuka, membuat bug akan cepat diketahui, dan secepat itu pula para programmer akan memperbaiki programnya. Anda sendiri juga yang menentukan kode yang cocok sesuai dengan perangkat keras maupun kebutuhan dasar perangkat lunak lainnya untuk dapat diimplementasikan. Ibarat sebuah mobil, Anda bisa memodifikasi sesukanya, bahkan hingga mesin sekalipun, untuk memperoleh bentuk yang diinginkan.
Keterbukaan kode sumber juga memungkinkan sistem operasi berkembang dengan pesat. Jika sebuah program dengan sistem tertutup dan hanya dikembangkan oleh vendor tertentu, paling banyak sekitar seribu hingga lima ribu orang. Sedangkan Linux, dengan keterbukaan kode sumbernya, dikembangkan oleh sukarelawan seluruh dunia. Bug lebih cepat diketahui dan program penambalnya (patch) lebih cepat tersedia. Pendekatan pengembangan sistem operasi ini disebut Bazaar. Kebalikannya sistem Chatedraal sangat tertutup dan hanya berpusat pada satu atau dua pengembang saja.
Linux juga di identikan dengan Kernel.
Tegasnya, Linux tidak lain adalah kernel Linux. Namun, Linux adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan Linux sebagai sebuah sistem operasi. Istilah distribusi Linux yang digunakan untuk merujuk pada berbagai sistem operasi yang dibangun di atas Linux Kernel.
* Linux = Sebuah Kernel (tidak ada shell, browser, kompilator disertakan atau installer untuk menginstallnya pada sistem)
* Linux = Istilah yang digunakan untuk menggambarkan mirip UNIX berbasis bebas dan open source sistem operasi.
* Linux Distribution = kernel Linux + Shell + Browser + GUI + Media Player + Ton + Installer aplikasi lain sebagainya Singkatnya, berbagai macam sistem operasi yang dibangun di atas Linux Kernel. Red Hat, Debian atau Gentoo semua distribusi Linux dibangun di atas kernel Linux.
Beberapa fakta menarik tentang sistem operasi Linux
* UNIX seperti OS: Linux adalah UNIX seperti bebas dan open source sistem operasi. Namun, Linux tidak mencari UNIX branding. Kebanyakan distribusi Linux untuk tidak memilih merek distro mereka sebagai iuran UNIX dengan biaya untuk sertifikasi. Juga, kebanyakan bisnis sangat menyadari merek Linux.

  • Kelebihan Linux
1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
# Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
# Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien. Artikel yang menunjang argumen ini:
# Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 % (dapat dibaca di eweek.com).
# Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux (sebagai penunjang informasi dapat membaca artikel “Don’t Throw That Old PC Away–Give It New Life with Linux“). Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vista dapat dilihat Microsoft.com). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.
Kekurangan :
1.Sistem Operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows, sehinga perlu waktu dan tenaga ekstra untuk belajar menggunakannya.
2.Penggunakan WYSWYG(What You See is What you Get) belum bisa berjalan secara menyeluruh, sehingga diperlukan trik tersendiri untuk menggunakannya.


Controlling Computer with the mind
Network Operating System
Sebuah operasi jaringan lystcm (NOSl adalah sebuah OS yang dirancang untuk berjalan pada server jaringan komputer yang didedikasikan untuk menyediakan berbagai layanan lainnya pada jaringan. "Lain" komputer busur disebut komputer klien, dan setiap komputer yang terhubung ke server jaringan harus menjalankan perangkat lunak klien yang dirancang untuk meminta layanan khusus Jika Anda makan menghubungkan ke server untuk menyimpan dan mengambil file, komputer Anda memiliki perangkat lunak musi klien yang memungkinkan untuk terhubung ke server untuk tujuan. Selanjutnya, klien tertentu perangkat lunak yang diperlukan bervariasi berdasarkan NOS berjalan di server
Semua sistem operasi desktop saat ini termasuk dukungan untuk beberapa layanan dasar, seperti file dan print sharing, melalui jaringan. Tetapi sistem operasi desktop makan terbaik dicadangkan untuk pekerjaan membosankan dari bisnis rata-rata atau pengguna rumah. Mereka benar-benar tidak bekerja dengan baik sebagai server. Jika Anda bekerja di sebuah kantor kecil dan ingin berbagi printer yang terhubung ke komputer desktop Anda dengan cowork-CRS, Anda dapat melakukan ini, apakah Anda busur menjalankan Windows, Linux, atau Mac OS X, di perusahaan mengembangkan teknologi antarmuka saraf yang sebagai proyek kolaborasi dengan peneliti di Georgia Tech, Emory University, dan Georgia State University. Dr Kennedy berencana untuk menggunakan otaknya-ke-komputer (BCI) teknologi untuk membantu pasien lumpuh di atas 125.000 di Amerika Serikat serta 30.000 pasien ALS amobil pada respirator. Selain itu. Sinyal saraf berharap untuk pindah ke restorasi gerakan dan pasar lain untuk teknologi.
Bahkan saat masa depan terlihat cerah, bidang saraf antar-faring teknologi masih dalam masa pertumbuhan dan aplikasi praktis dari teknologi belum direalisasikan. Mungkin, suatu hari nanti segera, komputer pribadi akan datang dibundel dengan sensor sinyal biologis dan pemikiran perangkat lunak pengenalan seperti umum sebagai pengolah kata dan program pendidikan nasional hari ini.

·         Windows NT Server
Windows NT Server adalah sistem operasi untuk server yang sistem operasinnya 32 bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000,Windows XP,Server 2003 dan Windows Vista.Sistem Operasi tersebut pada awalnnya mendukung beberapa Platform Mikroprosesor.Windows NT Server ini tidak dibangun dari MS-Dos (tidak seperti Windows 95)
Edisi
Windows NT diluncurkan dalam beberapa edisi, meskipun produk tersebut dibangun dari kode sumber yang sama, yaitu sebagai berikut:
  1. Windows NT Workstation, yang dikhususkan untuk penggunaan pada workstation jaringan.
  2. Windows NT Server, yang dikhususkan untuk penggunaan pada server jaringan.
  3. Windows NT Enterprise Server atau Windows NT Advanced Server, yang sama-sama ditujukan untuk penggunaan pada server jaringan, tetapi menawarkan lebih banyak fungsi dan fitur daripada Windows NT Server standar.
Kelebihan Windows NT Server
  1. Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya.
  2. Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5)
  3. Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos,mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi.
  4. Di Desain agar kompatibel dengan Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos,IBM OS/2.
  5. Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP,WNS dan DNS.
  6. Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan.
  7. Model keamanan berbasis Domain penuh.
  8. Terdapat Layanan untuk Macintosh.
  9. Bisa Membooting jarak jauh untuk client.
  10. Terintegrasi Paket Back Office.
  11. Terdapat Network Client Administrator.

Kekurangan Windows NT Server
1. Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
2. Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan.
3. Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.
4. Dari kasus tersebut diatas, maka dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya.

 Windows 2000 Server
Versi ini merupakan kelanjutan teknologi Windows NT Server 4.0 dengan berbagai fasilitas baru yang semakin memudahkan pengelolaan jaringan. Keluarga server Windows 2000 terdiri dari 3 jenis yaitu versi standar (Server), Advance Server, dan Data Center Server.
Windows 2000 Server memiliki semua kemampuan yang ada pada versi Professional ditambah berbagai fasilitas inti yang dibutuhkan sebagai server jaringan. Versi ini dapat digunakan sebagai file dan print server, application server, web server, maupun communication server. Fasilitas penting yang dimiliki versi ini antara lain :
  • Dukungan untuk penggunaan 2 processor bila diinstal dengan mode clean install, atau 4 processor apabila instalasi dilakukan dengan mengupgrade Windows NT Server.
  • Active Directory Service untuk memudahkan pengelolaan sumberdaya dan obyek jaringan.
  • Sistem keamanan jaringan menggunakan Kerberos dan public key infrastructure
  • Internet Connection Sharing.
  • Web Server dengan menggunakan Internet Information Services versi 5.0.
  • Windows Terminal Services untuk memudahkan administrasi jaringan dan pemanfaatan hardware komputer lama sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi baru.
  • Dukungan penggunaan RAM hingga 4 GB




Windows Server 2003
Windows Server 2003 di release sebagai sebuah upgrade terhadap Windows 2000 Server. Fitur-fitur tambahan pada Windows Server 2003 diantaranya:
  • Meningkatkan ketergantungan
  • Built-in support untuk web services
  • Runtime common language mengurangi jumlah bug dan lubang keamanan yang disebabkan oleh kesalahan pemrograman yang sering terjadi
  • Dukungan untuk prosesor 32-bit dan 64-bit (tergantung pada versi)
  • Symmetric multi-processing support sampai dengan prosesor 64
  • Dukkungan sampai dengan RAM 512GB



Terdapat beberapa versi Windows 2003 Server yang berbeda yaitu: Standard Edition, Enterproses Edition, Datacenter Edition, Web Edition dan Small Business Server 2003.
·         Novel Netware
·         Novel netware adalah sebuah sisitem operai jaringan yang umum digunakan dalam kompiter IBM PC atau kompatiblenya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jarinagan xerox XNS. Netware telah digantikan oleh open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari netware hingga april 2007 adalah versi 6.5 support pack 6, yang identik dengan OES netware kernel, support pack 2.
Kelebihan netware dibanding windows 2000
·         Netware 5 telah dioptimalkan dengan sistem operasi jaringan (NOS) yang jalan dan mengelola layanan jaringan dan berbagai lingkungan jarinagan , termasuk netware, windows NT, UNIX, dan sistem host lainnya. Sedang windows NT da windows 2000 dikembangkan sebagi sistem operasi general purpose untuk workststion dan server ,tidak khusus untuk jaringan.
·         Berkat pendekatan penuh netware 5 ke server , layanan dan administrasi ke desktop, begitu laporan IDC, produk ini 56 % lebih muarah dibanding biaya yang harus dikeluarka untuk miliki windows NT.
·         Kernel multiprosessing netware 5 meningkatkan skalabilitas dan kinerja. Sementara windows NT dan windows 2000 tidak menyediakan directory lintas – platform dan insfrastruktur management.
·         Netware 5 membawa skalabilitas netware ke tingkat yang lebih tinggi dengan fitur seperti novell storage service yang mendukung sistem file dengan ukuran nyaris tak terbatas. Dan Microsoft Windows NT tidak menyediakan directori sejati, membutuhkan hardware dan investasi software yang lebih besar dan membutuhkan anggaran IS yang lebih besar untuk mengakomaodasi windows NT Server yang terus meningkat.
·         Novell directory Service (NDS) sudah teruji dipasar
·         Implementasi Java Netware 5 memberikan pendekatan terdistribusi terhadap aplikasi .Sementara itu Microsoft tidak melibatkan Java.
·         IV. KEKURANGAN NETWARE
Diawal –awal novell memang sangat berjaya dalam hal jaringan yang murah meriah, karena tidak ada kompetitor. Keunggulan uatam yang dikenal adalah dalam hal print fole share-nya. Tetapi sesuai perkembangan saat ini kemampuan microsoft dalam hal networking ternyata lebih bagus lagi dibanding novell.Saat ini jika memang hanya sebatas print file sharng saja, banyak perangkat maupun software yang mempunyai kemapuan seperti itu., seperti halnya FTP server ataupun Storage Network sejenis Maxtor misalnya. Software bawaan di storage Network memang tidak secerdas server Novell, walupun fungsinya sama. Karena system operasi sudah ada di server tersebut.Sedangkan storage tanpa sistem operasi.
Fungsi genericdari server Novell sendiri, hanyalah sebagi penyedia basis data, sedangkan yang melakukan komputasi justru ada di clisnt, bukan di server. Fungsisprti itu saat ini tidak lagi relevan denagn kebutuhan. Dan tentunya akan kalah jah denagn microsoft,memang dari segi biaya microsoft lebih mahal.
Sudah wakyunya memang untuk bermigrasike Suse LINUX (yang saat ini sudah dibeli NovellNetware juga). Karena akan memegang kendali pada jaringanjuga pada desktopnya. Bedanya denagn Novel, yang hanya
memegang kendalinpada sisi server,seang pada client tidak ada. Sehingga dengan mudah diambil oleh Microsoft. Hal inimenjadi kekuranagn Novell yaitu harus tergantung pada tripartid.
UNIX for servers
UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.
Banyak sistem UNIX versi lama menjadi sangat mahal untuk pemeliharaan dan upgradenya. Sementara sistem UNIX versi baru mendekati harga/kinerja dari Windows, biaya untuk perangkat lunak dan keterampilan TI UNIX membuat TCO lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan Windows Server. Sistem UNIX memiliki reliabilitas dan keamanan yang tinggi untuk sebagian besar skenario perusahaan, bagaimanapun seiring usia platform UNIX yang ada, pelanggan mendapati tingkat realibilitas, skalabilitas dan keamanan yang lebih rendah, dalam kaitannya dengan keterbatasan perangkat keras dan permasalahan perangkat lunak yang sudah ketinggalan jaman. Paradigma UNIX untuk komputasi tidak terganti selama beberapa dekade terakhir. Aplikasi-aplikasi UNIX tidak lagi menyediakan nilai bisnis yang dibutuhkan oleh iklim bisnis masa kini.


               



Linux for servers
Linux telah mengumpulkan bagian besar dari usaha kecil dan pasar rumah sebagai OS server untuk menyediakan Internet dan layanan jaringan. Sebuah sistem operasi terbuka  item, itu adalah alternatif biaya-efektif untuk sistem operasi lain untuk berbagi file, aplikasi, printer, modem, dan Internet sen-es. Ada sejumlah besar server Linux hosting situs web dan melakukan peran lain di Internet.
Dalam beberapa tahun terakhir, vendor semakin banyak mengeluarkan produk roti-dled dengan Linux penargetan besar (perusahaan) organisasi; di antara mereka Hat dan Novell Red busur. Usaha Novell menjadi produk Linux diharapkan untuk membantu membawa tentang dominasi akhirnya Linux pada berbagai server, bersaing dengan baik Microsoft dan UNIX Noss.

                Embedded Operating Systems
Sebuah sistem operasi tertanam adalah salah satu yang dibangun ke dalam sirkuit dari perangkat pemilihan umum-Tronic, tidak seperti sistem operasi PC, yang berada pada disk magnetik. Sistem operasi tertanam sekarang ditemukan di berbagai perangkat,  ini termasuk peralatan, mobil, bar-code scanner, ponsel, peralatan medis, dan asisten digiral pribadi. Sistem operasi yang paling populer tertanam untuk produk konsumen.
seperti PDA, meliputi:
»Windows XP Embedded. Satu dari dua OS tertanam saat ini tersedia dari Microsoft, Windows XP Embedded didasarkan pada Windows XP Professional OS, tapi itu bukan off-the-rak sistem operasi begitu banyak karena ini adalah do-it-yourself kit untuk produsen perangkat yang ingin memilih dan memilih bagian dari Windows XP Professional OS produk mereka perlu

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Defenisi sistem operasi"

mahasiswa teladan said...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

irfan ali said...

sama sama gan'