Pengertian Protocol TCP,UDP,SCTP,IPTV,VOIP IPTV, Dan Quality of Service (QoS)

TCP adalah protokol yang berorientasi koneksi; 
yang menciptakan suatu koneksi virtual antara dua TCP untuk mengirim data. Di samping itu, TCP menggunakan aliran dan mekanisme error control pada level transportasi. Menggunakan sebuah mekanisme pengakuan untuk memeriksa keamanan dan tanda kedatangan data.
   Pada TCP, pengiriman berorientasi koneksi membutuhkan tiga tahap :

 pembentukan koneksi, transfer data, dan pemutusan koneksi. 
 Proses pembentukan dan pemutusan koneksi menggunakan mekanisme three way handshake.
Sedangkan pada UDP disebut protocol conectionless, protokol transport yang tidak dapat dihandalkan. Dengan kelemahan pada UDP memberikan beberapa keuntungan.

       UDP adalah protokol yang sangat sederhana menggunakan minimum overhead.
 Jika sebuah proses ingin mengirim pesan yang kecil dan tidak peduli tentang kehandalannya, maka dapat menggunakan UDP.


       SCTP menggabungkan fitur terbaik dari UDP dan TCP. SCTP adalah protokol message-oriented yang handal. SCTP menyimpan batas-batas pesan dan pada saat yang sama mendeteksi kehilangan data, duplikasi data, dan out-oforder data. SCTP juga memiliki kontrol konjesti dan mekanisme kontrol aliran, multihoming dan multistreaming.
        Yang membedakannya dengan TCP diantaranya pada inisialisasi SCTP menggunakan mekanisme Four-Way handshake.

        IPTV dan VOIP IPTV (Internet Protocol Television) yaitu layanan multimedia dalam bentuk televisi, video, audio, text, graphic, data yang disalurkan kepada pelanggan melalui jaringan IP (Internet Protocol). VOIP merupakan salah satu aplikasi audio/video interaktif secara real time adalah voice over IP (VOIP), atau Internet Telephony. SIP adalah salah satu protokol pada VOIP, dirancang untuk menjadi aplikasi yang independen yang mendasari transport layer dan dapat berjalan pada UDP, TCP, atau SCTP. Pada saat menggunakan UDP, pesan mungkin akan hilang atau keluar dari urutana. Untuk itu maka digunakan mekanisme kehandalan melalui waktu retransmisi, perintah pengurutan dan pengakuan (acknowledgement). 

Quality of Service (QoS)
         Quality of service ( QoS) di definisikan sebagai sebuah mekanisme atau cara yang memungkinkan layanan dapat beroperasi sesuai dengan karakteristiknya masingmasing dalam jaringan IP. Parameter yang lazim dijadikan referensi umum untuk mengamati unjuk kerja jaringan, diantaranya adalah delay dan jitter

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Protocol TCP,UDP,SCTP,IPTV,VOIP IPTV, Dan Quality of Service (QoS) "