Pengertian Dan Penggunaan Peranti petunjuk



Tetikus dapat dikatakan sebagai salah satu piranti interaktif yang paling banyak digunakanj sebagai penunjuk (pointing device). Pada sebagaian besar pemakaiannya tetikus digunakan untuk menempatkan kursor (Teks atau grafik) pada posisi tertentu dilayar computer, mengaktifkan menu pilihan pada suatu program aplikasi dan untuk aplikasi-aplikasi tertentu tetikus juga dapat digunakan untuk menggambar. Hal ini dapat dilaksanakan dengan adanya peranti pemantau yang  didalam tetikus itu. Pada saat operator menggerakkan tetikus,informasi atas  tentang posisi tetikus akan dikirim kekomputer,yang selanjutnya computer akan memindah letak kursor posisi yang baru,atau melakukan aktifitas lain sesuai dengan tugas yang ditentukan.
Banyaknya tombol yang ada pada sebuah tetikus bervariasi tergantung pabrik pembuatannya. Tetapiyang paling umum adalah tetikus dengan sebuah atau dua buah tombol. Tetikus dengan sebuah tombol memang sederhana, tetapi seringkali operator harus menekan tombol beberapa kali untuk melaksanakan suatu perintah. Tetikus dengan 2 buah tombol menambah kombinasi cara memasukkan informasi kedalam computer. Dengan menekan tombol kiri,kanan,atau kombinasinya,pemprograman bisa menentukan apa yang harus dikerjakan oleh computer. Tetikus dengan 3 buah tombolmemungkinkan adanya 7 buah kombinasi yang bisa dipilih.


MENGGUNAKAN TETIKUS
Seperti dijelaskan diatas tetikus merupakan,peranti interaktif standar. Secara umum, perancang tetikus berusaha menentukan cacah pada sebuah tombol yang ada pada tetikus, tetapimereka tidak selalu sepakat. Sebagian diantara mereka mengetakan 1 buah sudah mencukupi,sementara yang lainlagi mencoba menggunakan tombol dengan jumlah yang lebih banyak, misalnya tetikus dengan 5 buah tombol. Ketika semua kombinasi tombolnya digunakan,dari satu tombol sampai semua tombol ditekan sama-sama, maka anda akan mendapatkan 32 kombinasi yang berbeda. Tetapi jika kita amati dipasaran apple tetap menggunakan tetikus dengan sebuah tombol macintoshnya, Microsoft menggunakan 2 buah tombol, dan komunitas unix (terutama sun microsistems) menggunakan 3 buah tombol.
Salah satu kelemahan macintos adalah karena tetikusnya yang hanya mempunyai sebuah tombol. Berdasarkan hasil tes ekstensif terhadap pengguna,apple mengatakan bahwa cacah tombol tetikus yang cocok untuk pengguna adalah 1 buah, sehingga apple selalu menggunakan tetikus dengan sebuah tombol untuk semua komputernya. Hal ini merupakan kerugian karena tombol kanan tetikus juga akan sangat membantu pengguna ketika pengguna secara perlahan berubah status dari pengguna mula menjadi pengguna tingkat menengah. Tomboltunggal mengorbankan kemampuan yang dimiliki oleh kebanyakan pengguna computer untuk memperoleh kesederhanaan yang memang dibutuhkan oleh pengguna mula. Sebenarnya penggunaan antara tetikus dengan tombol tunggal dan 2 buah tombol tidaklah terlalu besar. Keberadaan tombol kiri sebenarnya mirip dengan tetikus dengan tombol tunggal pada macintos dengan kata lain, tombol kanan sering dikatakan hanya merupakan tombol ekstra dan tombol kiri merupakan satu-satunya tombol yang diperlukan oleh pengguna. Akan tetapi dengan adanya epolusi menu konteks,kemanfaatan tombol kanan semkain meningkat.
Pada stasiun kerja unix, untuk pengguna biasanya disediakan tetikus dengan 3 buah tombol,meskipun sebenarnya tombol tengah jarang sekali digunakan, dan biasanya “dicadangkan untuk digunakan pada aplikasi tertentu”
1.       Tombol kiri
Secara umum , tombol kiri tetikus boleh dikatakan sebagai untuk melakukan fungsi manipulasi langsung seperti mengaktifkan, memilih,menggambar, dan lain-lain. Dengan kata lain fungs yang tidak didukung oleh tombol kiri adalah fungsi sekunder. Fungsi sekunder biasanya diakses dengan menggunakan tombol kanan atau malahan tidak tersedia untuk manipulasi langsung.

Kegunaan paling banyak dar tombol kiri adalah untuk pengaktifan atau pemilihan. Seperti halnya tombol tekan atau kotak cek. Jika pengguna mengklik data , maka tombol kiri biasanya memilih tombol tersebut

2.       Tombol kanan
Tombol kanan sering dianggap tidakpernah ada oleh Microsoft dan yang lainnya. Hanya berapa pemprograman yang berani menghubungkan suatu tindakan dengan tombol kanan,dan tindakan ini biasanya dianggap sebagai tambahan,opsional,atau fungsi-fungsi tingkat tinggi yang jarang digunakan. Ketika Borland internasional menggunakan tombol kanan untuk mengakses kotak dialog yang menunjukanproperti suatu objek, sejumlah kalangan industry mengatakan tidak sepaham meskipun secara kritis juga menerimanya. Kritik paling tajam,tentu saja datang dari macintosh yang hanya menggunakansebuah tombol pada tetkusnya. Pada saat itu Microsoft meremehkan Borland karena hal ini, sehingga konsep pemanfaatan tombolkanan tidak popular. Hal ini segera berubah ketika windows 95 diluncurkan (setelah Microsoft mengikuti jejak Borland). Saat ini tombol kanan mempunyai kegunaan yang memadai: memungkinkan akses langsung ke property dan tindakan berdasar konteks pada obyek dan fungsi.

3.       Tombol tengah
Tombol tengah pada tetikus yang mempunyai tiga tombol masih jarang dimanfaatkan ( di pasaran juga tidak banyak dijumpai tetikus dengan tiga tombol). Sampai saat ini tombol tengah lebih dimanfaatkan tombol singkat,misalnya dengan mengatur driver-nya,klik ganda pada tombol kiri dapat diwakili dengan klik tunggal pada tombol kiri dengan kata lain,kemanfaatan tombol tengah masih diabaikan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Dan Penggunaan Peranti petunjuk"