Teknik Informatika UNM

Pengertian Manipulasi Langsung

Ditulis oleh: -



Diatas telah disebutkan dua penerapan ragam dialog manipulasilangsung, yakni permainan dan pada program spreadsheet. Tetapi, ragam dialog manipulasi langsung dapat diterapkan pada hal hal yang lebih luas, bahkan aplikasi yang sangat serius. Berikut ini akan disajikan sejumlah penerapan manipulasi langsung pada berbagai biddang. Contoh dibawah ini hanya meupakan sebagian kecil dari sebagian penerapan manipulasi langsung control proses. Kontrol proses didalam  berbagai industry, misalnya pada pembangkitan dan penyaluran listrik dan industry makananberskala besar biasanya memanfaatkan tampilan visual yang Simulator.
berupa panel panel kontrolyang dihubungkan kesuatu system pengontrol berbasis computer. Dalam perkembangannya, panel panel control yang semula menempel pada dinding tembok, sehingga memerlukan ruangan yang cukup besar, kemudian diubah menjadi semacam tampilan yang dapat digambarkan pada layar computer, sehingga operator akan menjadi lebih nyaman ketika mengoperasikannya. Dalam kebanyakan kasus hal ini mudah dikerjakan karena sistemnya relative statis sehingga tampilan dasarnya dapat berisi banyak sekali symbol yang mewakilisuatu komponen pada system yang sebenar benarnya. Jika sistemnya telah terhubung secara online maka segala perubahan yang dilakukan oleh operator  pada layar tampilan akan langsung “dirasakan” oleh komponen yang bersangkutan pada instalasi peralatan yang ada dilapangan.


Editor Text. Konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get) merupakan fenomena pengolah kata modern yang memberikan kemudahan kepada pengguna. Pengguna akan mendapatkan hasil cetakan seperti apa yang muncul pada layar tampilan sehingga pengguna menggunakan manipulasi atas suatu text pada layar,maka sebenarnya dia juga melakukan manipulasi atas hasil cetakan yang ia harapkan.

Simulator. Simulator merupakan system miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu system yang bersakala besar atau sangat kecil jika dilihatdari kacamata orangawam, misalnya pada simulator penerbangan. Didalam simulator penerbaangan, seorang calon pilot seolah olah berada didalam sebuah pesawat yang menjadi tanggung jawabnya secara penuh. Kesalahan yang sangat kecil pun sangat dirasakan oleh calon pilot yang ada dalam simulator itu. Meski dengan tampilan yang tidak selengkap papan control pada pesawat yang sebenarnya seseorang dapat mempelajari hal hal yang sangat mendasar agar dia dapat menerbangkan pesawat. Menunjukkan contoh tampilan cock pit dari sebuah simulato pesawat terbang.

Kontrol lalu lintas penerbangan. Sistem radar berpegang pada adanya kemampuan untuk mengenal pola bentuk bentuk tertentu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. Dalam hal ini dunia tiga dimensi tempatsebuah pesawat sedeang menjelajahidunia ini akan diterjemahkan kedalam layar dua dimensi yang ada dihadapan seorang operator. Lewat tampilan dua dimensi, yang merefleksikan dunia tiga dimensi, seorang operator dapat mengontrol lau lintas penerbangan.

Perancangan Terbantu Komputer (computer-aided design). Saat ini kita dapat menjumpai berbagai pogram aplikasi untuk perancangan suatu system. Salah satu contoh program aplikasi yang paling popular adalah autoCA. Dengan program ini kita dapat merancang suatu model pesawat terbang, baik dengan tampilan yang disebut wireframe model maupun bewujud tampilan sebuah pesawat yang sesungguhnya dengan memanfaatlkan fasilitas rendering yang dimilikinya. Program ini juga sering dimanfaatkan untuk penetaan bebasis computer (computer-based mapping).

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MANIPULASI LANGSUNG

Tidak dapat dipungkiri bahwa manipulasi langsung membangkitkan gairah yang berbeda pada sekelompok pengguna disbanding dengan reaksi umum yang kebanyakan diperlihatkan pengguna, misalnya enggan menerima atau merasa bingung ketika menghadapi suatu antar muka baru. Pengguna yangantusias melaporkan perasaan positif sebagai berikut :

1.       Mengenal secara mendalam antar muka yangdigunakan,
2.       Mampu menyelesaikan tugas yang diberikan,
3.       Mudah dalam hal mempelajai dan mengasimilasi fitur fitur yang lain,
4.       Lebih percaya diri,
5.       Merasa gembira ketika menggunakan antar muka,
6.       Keinginan yang sangat besar untuk pamer kepada pengguna lain terutama pengguna mula dan,
7.       Keinginan untuk menggali aspek yang lebih canggih.

Perasaan perasaan diatas berasal dari pengguna yang merasa sangat senang ketika menggunakan antar muka manipulasi langsung. Beberapafaktor yang memberikan pengalaman positif kepada pengguna antara lain :
1.       Kenampakan obyekdan tindakan yang dilakukan pengguna;
2.       Cepat, dapat dibalik, dibatalkan, tindakan meningkat, dan
3.       Penggantian perintah berbasis bahasa alami yang harus diketiok dengan tindakan menunjuk ke obyek yang diinginkan.
Selain beberapa keuntungan yang dilaporkan pengguna dialog manipulasi langsunmg seperti disajikan diatas, beberapa kerugian dari manipulasi langsung juga perlu diperhatikan. Secara lebih spesifik, dan langsung.

Table 5.1 keuntungan dan kerugian pengguna manipulasi langsung.

KEUNTUNGAN
KERUGIAN

1.       Mempunyai analog yang jelas dengan suatau pekerjaan nyata.

2.       Mengurangi waktu pembelajaran.

3.       Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.

4.       Penampilan visual yang bagus.

5.       Mudah dioperasikan.

6.       Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung.



1.       Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.

2.       Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi.

3.       Memerlukan peranti masukan seperti tetikus,tracball

4.       Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.
Bagikan artikel ini pada :

Terima kasih Anda sedang membaca artikel Pengertian Manipulasi Langsung. Jangan lupa masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari Ilmu Jaringan dan Komputer.


Your information will not be shared. Ever.
Support : Copyright © 2013. Ilmu jaringan dan Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Kang Kapuk
Proudly powered by Blogger