Bagian Bagian Pada Processor


Processor merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting pada komputerprocessor yang sering disebut dengan otak komputer dan sebagai pusat pengendali dengan dukungan dari komponen-komponen lain sehingga sebuah komputer dapat di jalankan sesuai fungsinya. Dalam komputer terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama sesuai fungsinya untuk menyelesaikan sebuah misi yang diperintahkan oleh brainware atau manusia/ pemakai, salah satu komponennya yaitu proseccor.

Dalam processor sendiri terdapat beberapa bagian untuk menjalankan tugas masing-masing sesuai fungsinya, Berikut bagian-bagian dalam processor

1.  CONTROL UNIT
     CU (Control Unit) adalah bagian processor sebagai pengontrol untuk beberapa alat atau perangkat yang terpasang pada komputer, Karena sebagai pengontrol maka CU (Control Unit) menjalankan tugas sebagai berikut
- Mengatur dan mengendalikan alat-alat inpit dan output
- Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama 
- Mengambil data dari memori utama jika data butuh proses
- Mengirim instruksi ke ALU (Arithmatic Logic Unit) bila ada perhitungan aritmetika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU (Arithmatic Logic Unit)
- Menyimpan hasil proses ke memori utama



2.  ARITHMATIC LOGIC UNIT
    ALU (Arithmatic Logic Unit) Merupakan komponen yang terdapat dalam komputer sebagai pusat semua perhitungan aritmetika dan logika. Dengan keahliannya menghitung maka ia ditugaskan sebagai berikut
- Melakukan semua perhitungan aritmetika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program
- Melakukan keputusan dari suatu operasi logika yang meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu.




3.  REGISTER
  Register merupakan alat penyimpan yang ukurannya sangat kecil namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi, benda ini fungsinya hampir sama dengan RAM (Random Access Memory) yaitu sifat penyimpanannya hanya sementara. Jadi Register ini gunanya untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang di proses.

Seperti itulah bagaian-bagian dalam processor dan melaksanakan tugasnya sesuai fungsinnya masing-masing. Demikian dan semoga postingan ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagian Bagian Pada Processor"