Diatas telah disebutkan dua penerapan ragam dialog manipulasilangsung,
yakni permainan dan pada program spreadsheet. Tetapi, ragam dialog manipulasi
langsung dapat diterapkan pada hal hal yang lebih luas, bahkan aplikasi yang
sangat serius. Berikut ini akan disajikan sejumlah penerapan manipulasi
langsung pada berbagai biddang. Contoh dibawah ini hanya meupakan sebagian
kecil dari sebagian penerapan manipulasi langsung control proses. Kontrol
proses didalam berbagai industry,
misalnya pada pembangkitan dan penyaluran listrik dan industry makananberskala
besar biasanya memanfaatkan tampilan visual yang Simulator.
berupa panel panel kontrolyang dihubungkan kesuatu system pengontrol
berbasis computer. Dalam perkembangannya, panel panel control yang semula
menempel pada dinding tembok, sehingga memerlukan ruangan yang cukup besar,
kemudian diubah menjadi semacam tampilan yang dapat digambarkan pada layar
computer, sehingga operator akan menjadi lebih nyaman ketika mengoperasikannya.
Dalam kebanyakan kasus hal ini mudah dikerjakan karena sistemnya relative
statis sehingga tampilan dasarnya dapat berisi banyak sekali symbol yang
mewakilisuatu komponen pada system yang sebenar benarnya. Jika sistemnya telah
terhubung secara online maka segala perubahan yang dilakukan oleh operator pada layar tampilan akan langsung “dirasakan”
oleh komponen yang bersangkutan pada instalasi peralatan yang ada dilapangan.
Editor Text. Konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get) merupakan
fenomena pengolah kata modern yang memberikan kemudahan kepada pengguna.
Pengguna akan mendapatkan hasil cetakan seperti apa yang muncul pada layar
tampilan sehingga pengguna menggunakan manipulasi atas suatu text pada
layar,maka sebenarnya dia juga melakukan manipulasi atas hasil cetakan yang ia
harapkan.
Simulator. Simulator merupakan system miniatur yang mencoba menirukan
kerja suatu system yang bersakala besar atau sangat kecil jika dilihatdari
kacamata orangawam, misalnya pada simulator penerbangan. Didalam simulator
penerbaangan, seorang calon pilot seolah olah berada didalam sebuah pesawat
yang menjadi tanggung jawabnya secara penuh. Kesalahan yang sangat kecil pun
sangat dirasakan oleh calon pilot yang ada dalam simulator itu. Meski dengan
tampilan yang tidak selengkap papan control pada pesawat yang sebenarnya
seseorang dapat mempelajari hal hal yang sangat mendasar agar dia dapat
menerbangkan pesawat. Menunjukkan contoh tampilan cock pit dari sebuah simulato
pesawat terbang.
Kontrol lalu lintas penerbangan. Sistem
radar berpegang pada adanya kemampuan untuk mengenal pola bentuk bentuk
tertentu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. Dalam hal ini dunia tiga
dimensi tempatsebuah pesawat sedeang menjelajahidunia ini akan diterjemahkan
kedalam layar dua dimensi yang ada dihadapan seorang operator. Lewat tampilan
dua dimensi, yang merefleksikan dunia tiga dimensi, seorang operator dapat
mengontrol lau lintas penerbangan.
Perancangan Terbantu Komputer (computer-aided
design). Saat ini kita dapat menjumpai berbagai pogram aplikasi untuk
perancangan suatu system. Salah satu contoh program aplikasi yang paling
popular adalah autoCA. Dengan program ini kita dapat merancang suatu model
pesawat terbang, baik dengan tampilan yang disebut wireframe model maupun
bewujud tampilan sebuah pesawat yang sesungguhnya dengan memanfaatlkan
fasilitas rendering yang dimilikinya. Program ini juga sering dimanfaatkan
untuk penetaan bebasis computer (computer-based mapping).
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MANIPULASI LANGSUNG
Tidak dapat dipungkiri bahwa manipulasi langsung membangkitkan gairah
yang berbeda pada sekelompok pengguna disbanding dengan reaksi umum yang
kebanyakan diperlihatkan pengguna, misalnya enggan menerima atau merasa bingung
ketika menghadapi suatu antar muka baru. Pengguna yangantusias melaporkan
perasaan positif sebagai berikut :
1.
Mengenal secara mendalam antar muka
yangdigunakan,
2.
Mampu menyelesaikan tugas yang diberikan,
3.
Mudah dalam hal mempelajai dan mengasimilasi
fitur fitur yang lain,
4.
Lebih percaya diri,
5.
Merasa gembira ketika menggunakan antar muka,
6.
Keinginan yang sangat besar untuk pamer kepada
pengguna lain terutama pengguna mula dan,
7.
Keinginan untuk menggali aspek yang lebih
canggih.
Perasaan perasaan diatas berasal dari pengguna yang merasa
sangat senang ketika menggunakan antar muka manipulasi langsung. Beberapafaktor
yang memberikan pengalaman positif kepada pengguna antara lain :
1.
Kenampakan obyekdan tindakan yang dilakukan
pengguna;
2.
Cepat, dapat dibalik, dibatalkan, tindakan
meningkat, dan
3.
Penggantian perintah berbasis bahasa alami yang
harus diketiok dengan tindakan menunjuk ke obyek yang diinginkan.
Selain beberapa keuntungan yang dilaporkan pengguna dialog
manipulasi langsunmg seperti disajikan diatas, beberapa kerugian dari
manipulasi langsung juga perlu diperhatikan. Secara lebih spesifik, dan
langsung.
Table 5.1 keuntungan dan kerugian pengguna manipulasi
langsung.
KEUNTUNGAN
|
KERUGIAN
|
1. Mempunyai
analog yang jelas dengan suatau pekerjaan nyata.
2. Mengurangi
waktu pembelajaran.
3. Memberikan
tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
4. Penampilan
visual yang bagus.
5. Mudah
dioperasikan.
6. Tersedianya
berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung.
|
1.
Memerlukan program yang rumit dan berukuran
besar.
2. Memerlukan
tampilan grafis berkinerja tinggi.
3. Memerlukan
peranti masukan seperti tetikus,tracball
4. Memerlukan
perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.
|
Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Manipulasi Langsung"
Post a Comment