a. Keyboard
b. Mouse
c. Variasi – variasi mouse
d. Ergonomi dan alat masukan
Pelajaran 2b.Berbagai cara memasukkan
data
a. Perangkat yang menggunakan tangan
b. Input device optik
c. Input device audiovisual
Menggunakan Keyboard dan Mouse
Keyboard
Keyboard adalah salah satu perangkat pertama digunakan dengan komputer, dan perangkat input utama untuk memasukkan teks dan angka. Sebuah keyboard standar mencakup sekitar 100 tombol, masing-masing tombol mengirimkan sinyal yang berbeda ke CPU.
Keterampilan mengetik, atau
kcyboarding, adalah kemampuan untuk memasukkan teks dan angka dengan
keterampilan dan akurasi. Tentu saja, Anda dapat menggunakan komputer tanpa memiliki
keterampilan mengetik yang baik. Beberapa orang mengklaim bahwa ketika komputer
dapat menafsirkan tulisan tangan dan berbicara dengan akurasi 100 persen,
mengetik akan menjadi tidak perlu. Tapi untuk sekarang dan masa mendatang,
keyboard tetap merupakan cara paling umum untuk memasukkan teks dan data
lainnya ke komputer.
Layout Keyboard standar
Keyboard mempunyai beberapa bentuk atau gaya. Berbagai model berbeda dalam ukuran, bentuk, kecuali untuk tujuan khusus beberapa tombol keyboard kebanyakan ditata hampir identik. Antara IBM-kompatibel komputer, layout keyboard yang paling umum adalah IBM Enhanced Keyboard. Ini memiliki sekitar 100 kunci diatur dalam lima kelompok. Komputer IBM-kompatibel jangka mengacu pada setiap PC berbasis pada komputer pribadi, yang dibuat oleh IBM Saat ini, sebuah PC IBM-kompatibel lain dari komputer Macintosh.
Alfanumerik Tombol
Tombol
pada alfanumerik
keyboard yang terlihat seperti tombol sebuah mesin tik itu diatur dengan cara
yang sama di hampir setiap papan. Kadang-kadang pengaturan ini biasa disebut QWERTY (diucapkan KWER-Tee) tata letak menjadi
enam tombol pada baris atas surat Q, W, E, R, T, dan Y.
Seiring dengan tombol yang menghasilkan huruf dan angka, kelompok tombol alfanumerik mencakup empat tombol yang memiliki fungsi tertentu. TAB, CAPS LOCK, BACKSPACE, dan ENTER.
Modifier Keys
SHIFT, ALT (Alternatif), dan CTRL (Control) tombol yang disebut tombol pengubah karena mereka memodifikasi masukan tombol lain. Dengan kata lain, jika Anda mengubah tombol sambil menekan tombol lain, maka Anda sedang mengubah tombol kedua.Memasukkan data dapat dilakukan dengan beberapa cara contohnya jika Anda memasukkan huruf J maka Anda perlu menekan tombol SHIFT agar huruf j(kecil) berubah menjadi huruf capital.
The Numeric Keypad
Keypad numerik biasanya terletak di sisi kanan keyboard. Tombol numerik keypad tampak seperti kalkulator, dengan 10 angka dan operator yang matematika (+, -, *, dan /). Keypad numerik juga memiliki fitur tombol NUM LOCK, yang memaksa tombol angka dan menempatkan angka. Ketika NUM LOCK dinonaktifkan, keypad numerik melakukan kontrol gerakan dan fungsi lainnya.
Fungsi Tombol
Fungsi tombol seperti F1, F2 biasanya tersusun di bagian atas tombol keyboard. Tombol tersebut melakukan perintah input tanpa harus mengetik kata yang panjang atau berguna untuk menu navigasi dan kotak dialog. Fungsi lainnya adalah membantu untuk menggunakan program. Contohnya banyak program maka tombol F1 akan membantu. Jika anda menekannya maka akan muncul jendela informasi tentang program yang sedang berjalan.
Kebanyakan keyboard yang kompatibel dengan
IBM memiliki 12 tombol fungsi.
Banyak program menggunakan fungsi tombol bersama dengan
tombol pengubah untuk memberikan
fungsi kunci kemampuan lebih.
Tombol kursor_pengubah gerak
Kebanyakan keyboard standar juga termasuk satu set tombol pengubah gerak, yang memungkinkan Anda bergerak di sekitar layar tanpa menggunakan mouse. Dalam banyak program dan sistem operasi, tanda pada layar menunjukkan di mana karakter yang Anda ketik akan dimasukkan.
Tanda ini, yang disebut kursor
atau titik penyisipan, muncul di
layar sebagai garis
vertikal berkedip, sebuah kotak
kecil. atau simbol lain untuk menunjukkan tempat Anda dalam garis dokumen atau perintah.
Tujuan khusus Tombol
»START. Tombol ini, yang menampilkan
logo Windows (dan kadang-kadang disebut logo
Windows), untuk membuka menu Start Windows pada kebanyakan komputer.
Menekan tombol ini sama dengan mengklik tombol Start pada Windows
task bar.
»SHORTCUT. Kunci ini, yang menampilkan gambar menu, membuka
layar-
menu shortcut pada Windows berbasis program aplikasi.
Salah satu tren terbaru dalam teknologi keyboard adalah penambahan kontrol internet dan multimedia. Internet Keyboard Microsoft dan MultiMedia Keyboard, misalnya, fitur tombol yang dapat Anda program untuk melakukan sejumlah tugas. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan tombol untuk memulai browser Web, memeriksa e-mail,
menu shortcut pada Windows berbasis program aplikasi.
Salah satu tren terbaru dalam teknologi keyboard adalah penambahan kontrol internet dan multimedia. Internet Keyboard Microsoft dan MultiMedia Keyboard, misalnya, fitur tombol yang dapat Anda program untuk melakukan sejumlah tugas. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan tombol untuk memulai browser Web, memeriksa e-mail,
Bagaimana Komputer
Menerima Masukan dari Keyboard
q ketika
tombol keyboard di tekan, control keyboard mengirim
kode yang telah di scan ke keyboard buffer
q kemudian keyboard mengirim permintaan interupsi kepada sistem software
q kemudian sistem sotware meresponnya dengan membaca kode yang
telah di scan dari keyboard buffer
q terakhir sistem software membawa kode ke CPU
Mouse
Mouse ini adalah sebuah alat yang digunakan sebagai pengatur posisi kursor (tanda panah yang sering kali bergerak ketika kita menggeserkan mouse). Pada awalnya mouse yang ada adalah masih menggunakan roda di bawahnya, namun dengan perkembangan yang pesat dari tehnologi saat ini mengakibatkan perkembangan perangkat komputer mengalami kemajuan yang luar biasa, saat ini mouse sudah menggunakan tehnologi infrared dan tehnologi wireless.
Menggunakan Mouse
Teknik – teknik menggunakan mouse :
v Mengklik
-dengan cara memindahkan pointer ke item
yang ingin dibuka pada
layar komputer
-seperti membuka menu, perintah, dan button
v Douhlc-klik
-digunakan untuk membuka objek di desktop
seperti ikon
v Drag
-dengan cara menekan tombol kiri
lalu tahan dan digeser
v Klik kanan
-untuk membuka menu shortcut atau perintah
Variasi mouse
Trackball
Trackbal
adalah alat petunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat
yang memiliki sensor gerakan. Trackball mensimulasikan pergerakan
vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang
kali untuk dapat menaikkan/menurunkan
layar
Trackpads
Trackpad (juga
disebut touchpad) adalah perangkat penunjuk stasioner yang
kurang popular untuk
digunakan dibandingkan mouse
atau trackball. Gerakan jari di permukaan kecil sentuh sensitif diterjemahkan
ke dalam movement pointer pada layar komputer. Permukaan sentuh yang sensitif mungkin hanya 1,5 atau 2 inci persegi, jari sehingga
IHE tidak pernah bergerak
jauh. Ukuran trackpad
juga cocok untuk komputer
notebook. Beberapa model notebook
fitur built-in trackpad
daripada mouse atau
trackball.Seperti mouse, biasanya trackpads terpisah dari keyboard di desktop computers dan melekat ke komputer melalui sebuah kabel. Beberapa keyboard khusus fitur built-in trackpads. Fitur ini menyimpan pad berguna dan membebaskan port yang seharusnya dapat digunakan oleh trackpad.
Trackpads meliputi dua atau tiga tombol yang melakukan fungsi yang sama seperti tombol mouse. Beberapa trackpads juga " sensitif." berarti anda dapat menekan pad dengan ujung jari Anda daripada menggunakan tombol tersebut.
Trackpads meliputi dua atau tiga tombol yang melakukan fungsi yang sama seperti tombol mouse. Beberapa trackpads juga " sensitif." berarti anda dapat menekan pad dengan ujung jari Anda daripada menggunakan tombol tersebut.
Ergonomik dan Perangkat Input
Setiap pekerja kantor akan memberitahu Anda bahwa bekerja di meja sepanjang hari bisa sangat tidak nyaman .Duduk seharian dan menggunakan komputer bahkan lebih buruk. Tidak hanya tubuh sakit akibat duduk di kursi terlalu lama, tetapi cedera tangan dan pergelangan tangan dapat terjadi akibat menggunakan keyboard dan mouse untuk waktu yang lama. Mata bisa menjadi tegang dari menatap monitor selama berjam-jam. Cedera tersebut dapat menjadi ekstrim, mengancam kesehatan pengguna dan kemampuan untuk bekerja.
Banyak yang dilakukan untuk membuat komputer lebih mudah, aman, dan lebih nyaman untuk digunakan. Ergonomi, yang merupakan studi tentang hubungan fisik antara manusia dan alat-seperti komputer dan masalah ini. Sekarang, lebih dari sebelumnya, pentingnya memiliki furnitur komputer crgonomically benar dan menggunakan postur tubuh yang tepat dan teknik saat bekerja dengan komputer.
Menunjuk, bagaimanapun, dapat memperlambat
Anda. Sebagai menu dan kotak dialogq menjadi semakin ramai, perintah dapat
sulit untuk menemukan dan lokasi mereka dan menjadi sulit untuk kembali.
sulit untuk menemukan dan lokasi mereka dan menjadi sulit untuk kembali.
Pengguna komputer banyak yang
banyak datang masalah
ini dengan menggunakan kombinasi keyboard pintas dan perangkat penunjuk. Anda
menggunakan satu tangan untuk mengeluarkan
banyak dasar pintas (seperti CTRL + P dan CTRL + s) atau untuk
peluncuran macro. Makro adalah
serangkaian perintah program untuk Anda. Macro memungkinkan Anda untuk
mengeluarkan set perintah dalam hanya beberapa keystrokes. Menggunakan teknik
meminimalkan keystrokes dan daun tangan bebas untuk
menggunakan perangkat penunjuk.
menggunakan perangkat penunjuk.
Stres berulang Cedera
Bidang ergonomi, tidak menerima banyak perhatian sampai kelas tertentu dari cedera mulai muncul di antara pekerja administrasi yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka memasukkan data pada keyboard komputer. Penyakit ini disebut cedera stres yang berulang (RSIs) atau cedera regangan berulang dan hasil dari terus menerus menggunakan tubuh dengan cara itu tidak dirancang untuk bekerja. Salah satu jenis RSI terutama didokumentasikan dengan baik di kalangan pengguna komputer adalah carpal tunnel syndrome, pergelangan tangan atau cedera tangan yang disebabkan oleh penggunaan keyboard untuk jangka waktu yang lama.
Terowongan karpal
adalah jalan di pergelangan tangan melalui saraf lulus. Dalam sindrom carpal
tunnel, tendon di lunncl menjadi meradang karena korban telah mengadakan
pergelangan nya kaku untuk waktu lama. Adalah
orang-orang. Cenderung untuk melakukan di keyboard. Ketika tendon menjadi
meradang, mereka menekan saraf, menyebabkan kesemutan, mati rasa, nyeri, atau
ketidakmampuan untuk menggunakan tangan. Carpal tunnel syndrome adalah cedera
stres yang berulang paling terkenal. Hal ini dapat menjadi begitu melemahkan
tenaga dan korban dapat melewatkan minggu atau
bulan bekerja. Dalam kasus ekstrim, operasi diperlukan.
Menghindari Keyboard-Terkait Cedera
Hati hati menggunakan komputer, dilaporkan oleh New York Times, bahwa wartawannya banyak mengalami gejala kelumpuhan pada jaringan sinsitif pergelangan tangan yang disebabkan oleh lamanya bekerja di depan komputer.
Selain itu pengguna komputer yang terlalu lama , juga bisa berakibat cedera pinggang.
Berikut merupakan tips, agar kita terhindar dari cedera komputer.
1.Kursi yang baik tidak hanya mengamankan pinggang, melainkan juga bisa mengurangi ketegangan pada bahu,leher dan tangan.
Para ahli mengamanatkan pemakaian kursi yang bisa disesuaikan dengan tinggi duduk dan kemiringan pada punggung. Meja yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh,tangan dan mata juga perlu bagi mereka yang terlalu tinggi atau rendah.
Operator komputer harus bisa duduk dalam posisi telapak kaki menapak lurus di lantai, posisi paha bersudut yang nyaman, tangan dan lengan paralel dengan lantai atau terangkat sedikit, kepala tegak dan mata melirik ke bawah ( sekitar 15 derajat di bawah horisontal ) untuk melihat layar monitor.
Untuk mengurangi ketegangan, kursi harus menyangga punggung bagian bawah.Sandaran kursi harus mampu memiringkan punggung ke belakang sampai berupa sudut 15 derajat.
2.Pada permukaan keyboard
Duduk di kursi sebaiknya jari-jari bisa mengetik dengan tangan telapak. Jangan sampai pergelangan menekuk ke atas atau ke bawah atau memutar menyamping ketika mengetik.
Ketika mengetik jangan mengistirahatkan pergelangan tangan di pinggir permukaan keyboard.Guna mengurangi tekanan pada pergelangan. Lebih baik gunakan alas pergelangan tangan di dekat keyboard
3.Istirahat
angan terlalu kuat menekan tuts.Sering-seringlah beristirahat sebentar ketika mengetik.Gerakkan tangan guna membuat variasi gerakan tatkala istirahat. Saat melihat atau menulis teks asli, jangan mengangkat tangan dalam posisi siap (tegang) sebelum mengetik lagi,
angan terlalu kuat menekan tuts.Sering-seringlah beristirahat sebentar ketika mengetik.Gerakkan tangan guna membuat variasi gerakan tatkala istirahat. Saat melihat atau menulis teks asli, jangan mengangkat tangan dalam posisi siap (tegang) sebelum mengetik lagi,
Perangkat input untuk Tangan
Perangkat input Sebagian besar dirancang untuk digunakan dengan tangan. Bahkan perangkat khusus seperti layar sentuh memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem ILIC dengan menggunakan sirip gertipsnya. Tidak seperti keyboard dan mouse, banyak dari perangkat input sangat intuivitif dan mudah digunakan tanpa keahlian khusus atau pelatihan.
Pens
Pena-sistem berbasis-termasuk PC tablet banyak. asisten pribadi digital, dan jenis-jenis genggam komputer-menggunakan pena untuk input data. Perangkat ini kadang-kadang disebut stylus. Anda berani pena di tangan Anda dan menulis pada pad khusus atau langsung pada layar. Anda juga dapat menggunakan pena sebagai perangkat penunjuk, seperti mouse, untuk memilih perintah dengan menyentuh layar.
Anda mungkin tak tahu yang berbasis pena sistem akan menjadi
cara yang berguna untuk memasukkan teks ke dalam komputer untuk pengolah kata.
Pada kenyataannya, pengembang telah memiliki banyak masalah menyempurnakan teknologi
sehingga deciphers tulisan tangan orang dengan 100 keandalan persen. Jadilah ¬
menyebabkan tulisan tangan sangat kompleks, pena berbasis komputer tidak
digunakan umumnya untuk memasukkan sejumlah besar teks, meskipun mereka sering
digunakan untuk mengambil catatan, membuat pesan singkat, dan menulis anotasi
di electronic dokumen PDA dan PC tablet busur populer untuk jenis
tugas, yang tidak memerlukan kunci asrama.
Pena berbasis komputer biasanya digunakan untuk pengumpulan data, di mana sentuhan pena mungkin tempat cek dalam kotak untuk menunjukkan bagian yang harus dipesan atau layanan yang telah diminta. Penggunaan lain yang umum adalah untuk memasukkan tanda tangan atau orang bijak yang disimpan dan ditransmisikan sebagai gambar grafis, seperti faks. Ketika deli sangat-layanan driver melakukan pengiriman, mereka sering memiliki kembali menandatangani nama mereka pada seperti pad berbasis komputer. Sebagai tangan-menulis-pengakuan teknologi menjadi semakin handal, berbasis pena sistem niscaya akan menjadi lebih umum.
Layar sentuh
Layar sentuh menerima input dengan memungkinkan pengguna untuk menempatkan ujung jari langsung pada layar komputer, biasanya untuk membuat pilihan dari menu pilihan. Kebanyakan menggunakan komputer layar sentuh sensor di permukaan layar untuk mendeteksi sentuhan sirip, tapi teknologi layar sentuh lain sedang digunakan, juga.
Layar sentuh bekerja dengan baik dalam lingkungan di mana kotoran atau cuaca akan membuat keyboard dan perangkat menunjuk berguna, ind mana antarmuka sederhana, intuitif adalah penting Mereka busur cocok untuk aplikasi sederhana, seperti mesin teller otomatis atau kios informasi public.Layar sentuh telah menjadi umum di restoran cepat saji, department store, toko obat, dan supermarket, di mana mereka digunakan busur untuk semua jenis ¬ pur pose. dari menciptakan kartu ucapan pribadi untuk menjual tiket lotre.
Permainan Controller
Anda mungkin juga memikirkan game controller sebagai perangkat input, tetapi. Komputer pribadi yang banyak digunakan sebagai platform game, menantang unit video game khusus seperti Sony PlayStation dan lain-lain. Karena PC dari resolusi grafis lebih tinggi dari televisi standard, gamer banyak yang percaya PC dilengkapi dengan baik memberikan pengalaman bermain game lebih baik. Jika komputer Anda terhubung ke internet , Anda dapat bermain game dengan orang-orang di seluruh dunia.
Sebuah controller permainan dapat dianggap sebagai perangkat input karena game komputer adalah sebuah program, seperti pengolah kata. Sebuah permainan menerima input dari user, proses data, dan menghasilkan output dalam bentuk grafis dan suara. Sebagai computer game menjadi lebih rinci dan rumit, lebih khusus permainan controllers busur sedang dikembangkan untuk mengambil keuntungan dari fitur mereka.
Pengendali permainan umumnya jatuh ke dalam dua kategori luas: permainan
bantalan dan joystick. Joystick telah sekitar untuk
waktu yang lama dan dapat digunakan dengan aplikasi lain dari permainan. (Beberapa pengguna lebih suka menggunakan
joystick sebenarnya .1 daripada joystick
mouse dengan beberapa aplikasi bisnis.) Joystick memungkinkan pengguna untuk "terbang"
atau "drive" melalui permainan,
mengarahkan kendaraan atau karakter. Mereka yang
populer di game balap dan terbang. Sebuah varian dari joystick adalah racing game controller, yang meliputi roda sreering acrual, beberapa kontroler game balap bahkan
termasuk pedal kaki dan gearshifts.
Jika Anda pernah menggunakan sistem video game, Anda sudah familiar dengan bantalan permainan.
Jika Anda pernah menggunakan sistem video game, Anda sudah familiar dengan bantalan permainan.
Sebuah pad permainan adalah kecil, perangkat rhac datar
biasanya menyediakan dua set.Model Bell-satu untuk masing-masing tangan. Perangkat ini adalah fleksibel dan busur yang digunakan untuk mengendalikan berbagai
jenis permainan. Jika Anda tidak memiliki joystick, Anda dapat menggunakan pad
permainan untuk kontrol yang balap dan
permainan terbang-(Banyak com-puter game tetap memberikan dukungan untuk mouse atau keyboard, sehingga pengendali permainan didedikasikan bukan cara yang diperlukan.
Optical Input Device
Barcode
Pada tahun 1949, seorang mahasiswa muda
bergulat dengan konsep secara otomatis menangkap informasi tentang suatu
produk. Dia percaya bahwa titik-titik dan garis kode Morse akan menjadi model
simbol yang baik, tetapi ia tidak tahu cara menggunakan pola yang mudah itu
untuk memecahkan masalahnya. Kemudian, suatu hari saat ia santai di pantai, ia
santai menggambar titik dan garis di pasir. Seperti jari-jarinya memanjang
dengan strip ia melihat hasilnya dan berkata, “Hei, aku sudah mendapatkannya.”
Tiga tahun kemudian bahwa mahasiswa
pascasarjana Joseph Woodland dan rekannya menerima paten pada apa yang dimulai
dengan garis di pasir, dan barcode linier lahir. Banyak mengejutkan penemu
Namun, itu tidak mendapatkan secara komersial cepat. Lima belas tahun telah
berlalu sebelum penggunaan komersial pertama barcode. Namun tetap saja bukan
menggunakan yang sukses.
Pada tes awal,
barcode ditempatkan di sisi gerbong barang kereta api. Saat gerbong meluncur
melewati jalur scanner, dengan maksud untuk diidentifikasi dan ditentukan, kota
tujuan serta muatannya. Sistem ini gagal, namun, perlu diketahui bahwa saat itu
gerbong barang terpental ketika mereka melewati scanner. Akibatnya, akurasi
scanner menjadi lemah.
Teknologi Dari
Sebuah Bar Code
Sebuah barcode
linear merupakan kode biner (1s dan 0s). Garis-garis dan spasi dari ketebalan
yang beragam dan dicetak dalam berbagai kombinasi. Untuk dipindai, harus ada
pencetakan akurat dan kontras yang cukup antara bar dan spasi. Scanners
menggunakan berbagai teknologi untuk “membaca” kode. Dua alat yang paling umum
adalah laser dan kamera. Contoh Scanner yang sudah umum, seperti scanner
dikebanyakan kasir supermarket, atau scanner genggam, sering digunakan untuk
mengambil persediaan.
Harus ada (namun
pada umumnya tidak), sebuah perbedaan yang ditarik di antara kode, yang
merupakan struktur untuk penyampaian data, dan simbol, kode yang mampu dibaca
dan direpresentasikan oleh mesin. Kode itu adalah teks, yang dapat
diterjemahkan ke dalam bermacam bahasa - Inggris, Perancis, Jepang, dan simbol
lain.
Meskipun awalnya
menguntungkan perusahaan, bar code telah menjadi
kesuksesan yang luar biasa, pekerja keras dalam banyak dan beragam aplikasi.
Salah satu barcode pertama sukses adalah, Code 39 yang dikembangkan oleh Dr
David Allais, banyak digunakan dalam aplikasi logistik dan pertahanan. Kode 39
ini masih digunakan sampai sekarang, meskipun kurang canggih dari beberapa bar
code yang lebih baru. Kode 128 dan disisipkan diantara 2 dari 5 adalah
kode-kode lain yang mencapai beberapa keberhasilan di ceruk pasar.
Gambar Scanner dan Optical Character Recognition
(OCR)
Pembaca kode bar adalah tipe khusus dari scanner gambar. Image scanner (juga disebut scanner) mengubah setiap gambar prima ke dalam bentuk elektronik dengan bersinar cahaya ke gambar dan merasakan intensitas refleksi cahaya di setiap titik. Gambar 211,10 il-lustrates proses scanning.
Warna scanner
menggunakan filter untuk memisahkan komponen warna ke warna primer aditif
(merah, hijau, dan biru) pada setiap titik. Merah. busur hijau, dan biru
sebagai warna aditif dikenal primer karena mereka dapat dikombinasikan untuk
menciptakan warna lain. Proses yang menggambarkan busur warna dalam cara yang
dikatakan menggunakan warna RGB.
OCR
Mikrofon
Sekarang kemampuan suara standar di komputer, mikrofon yang semakin penting sebagai alat input untuk merekam pembicaraan. Masukan Disampaikan sering digunakan dalam multimedia, terutama ketika presentasi bisa mendapatkan keuntungan dari narasi. Kebanyakan PC sekarang memiliki kemampuan panggilan telepon. Jika Anda memiliki mikrofon dan speaker (atau headset dengan mikrofon earphone), Anda dapat menggunakan PC Anda untuk membuat panggilan telepon.
Mikrofon juga membuat PC yang berguna untuk audio dan konferensi video melalui Internet. Untuk jenis input suara,
Anda membutuhkan mikrofon dan kartu suara. Sebuah Urd
suara adalah perangkat khusus di dalam komputer, yang menerjemahkan analog mengatakan kepada kita di lingkungan yang bising. Komputer dapat diprogram
bekerja dengan konteks, tetapi mereka harus bisa membedakan suara kami yang
pertama.
Jenis lain Audio Input
Komputer dapat menerima berbagai jenis input audio. Jika komputer Anda memiliki kartu suara dengan colokan yang sesuai, Anda mungkin dapat masukan dari musik compact disc, tape, radio, atau bahkan pemutar rekaman.
Jika sumber audio output suara dalam bentuk gelombang analog (seperti halnya ketika Anda berbicara ke dalam mikrofon), kartu suara komputer harus mengkonversi sinyal analog ke dalam kode digital sehingga komputer dapat menyimpan dan menggunakannya. Saya itu tidak diperlukan bila merekam audio dari compact disc atau menyelam video digital, tetapi konversi diperlukan untuk sumber analog seperti piringan hitam dan kaset Sette.
Jika kartu suara anda memiliki built-in Musical Instrument Digital Interface Port (MIDI), atau jika Anda memiliki adaptor MIDI khusus, Anda dapat menghubungkan berbagai jenis alat musik elektronik untuk komputer Anda. MIDI-bascd instrumen dapat berkomunikasi dengan dan mengontrol satu sama lain, dan PC apapun dapat digunakan untuk mengontrol MIDI instrumen dan untuk merekam output mereka. MIDI adalah mantan tremely populer di kalangan musisi dari berbagai kalangan, yang menggunakan il untuk menulis, merekam, dan mengedit musik, dan bahkan untuk con-trol instrumen dan efek selama pertunjukan.
Input Video
q memungkinkan
gambar video full-motion, yang
ditangkap oleh kamera video PC
q tipe
camera video laptop paling populer adalah webcam
q pengguna
juga dapat menggunakan kartu video capture, agar dapat terkoneksi dengan video
device lainnya, seperti VCR dan camcorder
Kamera digital
Kamera digital telah menjadi peralatan
standar. Di bidang desain halaman Web, kamera digital memungkinkan desainer
untuk menembak subjek dan cepat memuat gambar ke dalam komputer mereka. Dengan
menghemat proses langkah memperoleh
foto yang ada atau mengembangkan dan pencetakan berbasis film foto-yang harus
dipindai ke dalam komputer. Desainer dapat memperbarui ilustrasi sebuah situs
Web dengan cepat dan secara teratur menggunakan kamera digital.
Desainer grafis dapat mengedit foto digital dan meningkatkan grafik dalam banyak cara, menggunakan foto-editing software. Sebagai contoh, seorang desainer dapat menggunakan kamera digital untuk mengambil gambar rumah, dan kemudian menggunakan perangkat lunak desain lansekap untuk memodifikasi gambar untuk menunjukkan bagaimana rumah itu bisa muncul dengan lansekap yang berbeda.
Belum ada tanggapan untuk "Pengertian,Fungsi keyboard dan Mouse"
Post a Comment