Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Ada banyak masalah yang dapat mengganggu fungsi kerja dari keyboard laptop. Masalah ini dapat timbul karena kerusakan fisik keyboard, atau karena perangkat lunak yang bermasalah.
Ada sejumlah sebab mengapa beberapa tombol keyboard laptop Anda tidak berfungsi, atau rusuk secara keseluruhan. Meskipun Anda dianjurkan untuk memperbaiki kepada mereka yang profesional, namun Anda dapat memperbaiki kerusakan keyboard Anda sendiri.

Masalah kerusakan keyboard:

Ada tombol dari laptop saya tidak berfungsi dengan baik. Ketika kita mengetik salah satu tombol tidak ada output pada layar. Kadang-kadang, kita harus menekan kuat tombol  baru ada output yang muncul.

Masalah ini dapat disebabkan karena:

- Ada cairan tumpah di keyboard.
- Debu yang berlebihan di dalam tombol karena jarang dibersihkan.
- Keseringan bermain game menggunakan tombol tertentu.
- Pelumas karet tombol sudah mengering.

Solusi

Mengambil setiap tombol dengan bantuan obeng kecil, cungkil semua tombol. Namun sebelum itu perhatikan posisi setiap tombol keyboard,pisahkan tombol dengan karet tombol yang telah dibuka.
Bersihkan semua posisi tombol keyboard dari dalam menggunakan kuas atau tusuk telinga. Untuk tusuk telinga berikan sedikit air agar ada kelembaban untuk melekatnya debu. Hindari penggunaan air secara berlebihan karena dapat merusak keyboard Anda. Keringkan dengan mengangin-anginkan laptop,bisa juga menggunakan kipas angin.
Mulai membersihkan semua tombol yang telah dibuka menggunkan spon dengan cairan deterjen agar debu dan minyak yang melekat dapat dengan mudah dihilangkan,biarkan mengering sampai anda yakin tombol keyboard benar-benar kering.
Untuk karet tombol bersihkan dalam satu wadah dengan menggunakan pembersih rumah tangga, dan bilas dengan air hangat. Tempatkan semua kunci (menghadap top-down) pada permukaan yang datar. Berikan pelumas ringan untuk karet tombol tetapi tetap memperhatikan banyaknya cairan pelumas yang diberikan.
Setelah dibersihkan dan dilumasi semua bagian,waktunya untuk memasang kembali keyboard dengan hati-hati. Mulailah dengan menempatkan semua komponen karet pada keyboard, dan kemudian menempatkan semua kunci pada posisinya. Gunakan jari Anda dan tekan semua kunci satu per satu sehingga melekat dengan benar pada slot.
Membersihkan dan melumasi keyboard seperti cara di atas sering dapat mencegah dari kerusakan keyboard permanen. Juga, kita harus ingat bahwa keyboard laptop yang halus, tidak diperbolehkan bermain game dalam jangka waktu lama. Gunakan keyboard external untuk bermain game, ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan keyboard.

Karakter Keyboard laptop yang salah

Penyebab

Ketika keyboard memiliki karakter yang salah, ada kemungkinan bahwa masalah terjadi pada perangkat lunak atau sistem operasi yang digunakan.

Solusi

1. Pilih Control Panel > Regional and Language Options > Keyboards and Languages > Change Keyboards > Advanced Key Settings
2. Pilih opsi, “Between Input Languages” dan klik “Change Key Sequence”.
3. Pilih “Not Assigned” untuk “Switch Input Language” dan “Switch Keyboard Layout”
4. Klik “OK” untuk menerapkan perubahan.

Keyboard jenis nomor tidak berfungsi.

Penyebab

Hal ini bisa jadi karena masalah software, atau ada kemungkinan bahwa Anda mungkin telah mengaktifkan kunci digital secara tidak sengaja.

Solusi

Tekan Fn + Num Lock atau Fn + Shift + Num Lock.
Ini akan menonaktifkan kunci digital. Jika masalah terus masih terjadi, lanjutkan dengan yang berikut:
Start > Search > Device Manager > Tekan Enter
Atau, Anda juga dapat membuka “Device Manager” dengan cara berikut,
Start > Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Device Manager
Device Manager akan menampilkan daftar hardware laptop yang digunakan. Jika Anda melihat tanda seru kuning terhadap ikon Keyboard, uninstall driver. Instal lagi dan restart laptop.
Jika langkah di atas tidak memecahkan masalah, Anda mungkin ingin mencoba alternatif berikut:
- Cabut laptop dari sumber listrik dan lepas semua perangkat keras eksternal yang terhubung.
- Setelah mematikan laptop, keluarkan baterai dan tunggu selama 5 menit dan mulai mengaktifkan laptop Anda.
Ada kemungkinan file yang rusak mengganggu kinerja keyboard. Setelah restart laptop, semua files kesalahan yang menyebabkan masalah hardware dan software akan terhapus.
Alasan lain yang dapat menyebabkan keyboard berperilaku tak menentu adalah adanya hardware / software yang tidak kompatibel  di laptop. Anda dapat mencoba untuk memeriksa apakah ada masalah pada hardware dengan menjalankan laptop pada “Safe Mode”. Jika keyboard bekerja di “Safe Mode”, masalahnya adalah perangkat lunak. Anda perlu hati-hati memeriksa keyboard driver, dan jika ada driver yang hilang / rusak, Anda dapat download driver dari situs web penyedia perangkat lunak.

Tombol keyboard berfungsi tanpa ditekan atau biasa dikatakan tombol keyboard menggila

Penyebab

1. Kemungkinan ada benda asing yang melekat pada keyboad
2. Kemungkinan Anda dikerjain oleh teman dengan membuat skrip tombol auto.

Solusi

1. Keluarkan benda asing yang melekat pada keyboard.
2. Jika bukan terjadi karena benda asing kemungkinan pengaruh skrip yang dibuat.
Ikuti Langkah ini:
Klik start > All program > startup. Lihat program yang aktif pada startup yang mencurigakan dan klik kanan pilih properties untuk melihat sumber target. Hapus file tersebut jika mencurigakan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi"