Teknik Informatika UNM

Pengertian Broadband

Ditulis oleh: -
Apa yang dimaksud dengan Broadband Internet? Connection Broadband dalam arti harfiah, berarti berbagai frekuensi yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, mengakses internet adalah proses yang sangat lambat karena koneksi dial-up.

Dial-up connection merupakan cara yang murah mengakses internet, karena biaya adalah sama dengan panggilan telepon lokal. Rencana bulanan sebuah koneksi dial-up juga mirip dengan yang telepon. Namun, kecepatan koneksi dial-up terlalu lamban dan telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor ini telah membuat koneksi internet broadband metode yang disukai untuk akses internet. Istilah, broadband dalam ‘koneksi internet broadband’, mengacu pada bandwidth dari koneksi internet. (source : inconcept.wordpress.com)



Broadband Internet sudah menjadi hal yang esensial dan berfungsi sebagai ekonomi modern di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Studi terbaru yang dilakukan oleh World Bank termasuk Internet dan broadband, disamping untuk layanan telepon tetap dan bergerak, di econometric analisa pertumbuhan di 120 negara antara 1980 dan 2006. Dari hasil study, memperlihatkan bahwa untuk tiap-tiap 10% titik bertambah di penetrasi layanan broadband, ada pertambahan dipertumbuhan ekonomi sebanyak 1,3% (Qiang 2009).

Efek pertumbuhan broadband ini berarti signifikan dan lebih kuat, dan lebih tinggi dibanding dengan jasa teleponi dan Internet (gambar 1). Dampak dari pertumbuhan akses danbraodband ini diharapkan menjadi lebih besar dan luas setelah penetrasi mencapai titik kritis. Sebagian besar negara berkembang sudah berada pada awal pertumbuhan dan perkembangan broadband, negara-negara berkembangdimaksud memperoleh keuntungan dengan melakukan investasi padapembangunan jaringan untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dan sebelum jumlah pengguna broadband berkurang.
Sumber: World Bank, Extending Reach dan Increasing Impact. Information &Communications Technology for Development, 2009

Permintaan untuk broadband Internet secara jelas mempercepat seluruhlayanan telekomunikasi di seluruh lini di Indonesia, yang mencakup:

  • Perusahaan besar kecil
  • Universitas
  • Pemerintah untuk mendukung sistem informasi dan program utamaseperti tata keuangan, pajak administrasi, E-usaha mendapatkan, danICT di pendidikan.
Untuk memberikan permintaan layanan broadband dengan cepatyang dibutuhkanbukan hanya investasi secara terus-menerus dari industri telekomunikasi, tetapi juga tindakan aktif dari Pemerintah dalam mengatur industri untuk menambahdaya saing pasar broadband tertentu. Tanpa ukuran ini, maka gap aksesbroadband di Indonesia akan bertambah besar.
Bagikan artikel ini pada :
Judul Artikel: Pengertian Broadband

Terima kasih Anda sedang membaca artikel Pengertian Broadband. Jangan lupa masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari Ilmu Jaringan dan Komputer.


Your information will not be shared. Ever.
Support : Copyright © 2013. Ilmu jaringan dan Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Kang Kapuk
Proudly powered by Blogger