Teknik Informatika UNM

Penjelasan Dan Macam Macam Penyimpanan Data Pada Komputer

Ditulis oleh: -
    MAGNETIC STORAGE AND OPTICAL STORAGE
Karena mereka semua menggunakan media yang sama (bahan yang data disimpan), drive disket, hard disk drive, drive floppy disk berkapasitas tinggi, dan tape drive menggunakan teknik serupa untuk menulis dan membaca data. Permukaan disket, hard disk, kapasitas tinggi disket, dan pita magnetik dilapisi dengan bahan magnetis sensitif, seperti besi oksida, yang bereaksi terhadap medan magnet.
Disket berisi disk tunggal tipis, biasanya terbuat dari plastik. Disk ini adalah fleksibel, yang mengapa disket sering disebut disket. Sebuah disket menyimpan data di kedua sisi disk-nya (nomor sebagai sisi 0 dan sisi I), dan masing-masing pihak memiliki sendiri membaca / menulis kepala. Berkapasitas tinggi disket berisi disk tunggal, terlalu, tapi format mereka memungkinkan mereka untuk menyimpan lebih banyak data daripada floppy disk normal, karena Anda akan lihat nanti. Hard disk biasanya berisi beberapa disk, yang disebut piring karena mereka busur terbuat dari bahan yang kaku seperti aluminium.

Penyimpanan Magnetic :
         Media yang digunakan pada peralatan penyimpan magnetik dilapisi dengan logam oksida, oksida ini adalah material feromagnetik, yang berarti jika ini dibiarkan pada bidang yang mengandung magnet secara permanen akan menjadi magnet.
         Penggeraknya menggunakan motor untuk memutar media pada kecepatan tinggi, dan pengaksesan informasi menggunakan alat kecil yang dinamakan head
Karakteristik fisik :
         Bisa terdiri dari sebuah piringan disk → floppy disk
         Bisa terdiri dari kumpulan beberapa piringan → harddisk
         Dapat diakses secara langsung/ direct
         Akses dilaksanakan oleh R/W Head yang tersedia pada masing-masing permukaan piringan
         Permukaan setiap piringan dibagi “menjadi track” yang merupakan lingkaran konsentris/ sepusat
         Permukaan tiap cakram terbuat dari bahan besi yang mudah dimagneti
         Setiap track dibagi menjadi sektor-sektor/ blok.
         Sektor/ blok merupakan unit penyimpanan yang dapat dialamati
         No track yang sama di setiap permukaan piringan apabila “dihubungkan” secara virtual akan membagi apa yang dikenal sebagai “silinder”
Layout dan Pembacaan
         BACA dan TULIS ?
         Head harus bisa mengidentifikasi titik awal atau posisi – posisi sector maupun track.
         Data yang disimpan akan diberi header data tambahan yang menginformasikan letak sector dan track suatu data
         Tambahan header data ini hanya digunakan oleh sistem disk drive saja tanpa bisa diakses oleh pengguna
TRACK AND SECTOR
Bila Anda memformat disk magnetik, disk drive menciptakan satu set lingkaran konsentris yang disebut track, di setiap sisi disk. Jumlah track yang diperlukan tergantung pada jenis disk. Kebanyakan disket memiliki 80 trek pada setiap sisi disk. Sebuah hard disk mungkin memiliki beberapa ratus trek pada setiap sisi piring masing-masing. Setiap lagu adalah lingkaran yang terpisah, seperti lingkaran pada target sasaran. Nomor trek busur dari lingkaran terluar ke terdalam,. Pada tahap berikutnya dari format, trek dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Imag ¬ Ine mengiris disk cara Anda mengiris kue, irisan masing-masing akan melintasi semua trek disk, sehingga segmen pendek yang disebut sectorv Sektor yang dimana data secara fisik disimpan pada disk. Dalam semua disket dan disk yang paling keras, sektor dapat menyimpan hingga 512 byte (0,5 KB).
Track
  Satu dari berbagai daerah penyimpanan data yang berbentuk melingkar secara konsentris pada floppy disk atau hard disk, seperti bentuk spiral pada CD dan berbentuk garis parallel pada magnetic tape
  Track terdiri dari sector-sektor yang direkam pada disk oleh system operasi
  Jumlah Sektor tiap track berbeda, track yang terluar akan mempunyai jumlah sector paling banyak dibandingkan dengan track yang terdalam
  Sektor pertama disebut juga dengan Master Boot Record (MBR), pada sector ini berisikan table partisi yaitu suatu table yang berisi informasi mengenai partisi yang ada pada hard disk.
  Berisi maksimum 4 entry, dibagi dalam 4 partisi yang disebut partisi primer. Setiap entry pada table partisi berisi bermaca-macam informasi diantaranya nomer sector saat dimulainya partisi, nomer akhir sector dan juga type partisi.
  Tipe Partisi berisikan spesifikasi dari system file. Dimana setiap system operasi akan mengenalinya.
Sector
  Sektor adalah unit penyimpanan fisik terkecil pada disk dan besarnya tetap (biasanya masing-masing dapat menyimpan informasi 512 byte)
  Sektor 0 berada pada track yang terluar dari cylinder yang paling luar, kemudian sektor berikutnya pada track yang sama, kemudian sektor pada track berikutnya(pada cylinder yang sama), jika semua sector pada semua track telah dibaca maka berpindah ke silinder berikutnya.
  Dalam sector ini bit per bit data disimpan
Floppy Disk
         Karakteristik disket adalah head menyentuh permukaan disk saat membaca ataupun menulis.
          Efeknya Disket tidak tahan lama dan sering rusak.
         Maka dibuat mekanisme penarikan head dan menghentikan rotasi disk ketika head tidak melakukan operasi baca dan tulis.
          Efeknya Namun akibatnya waktu aksesdisket cukup lama

Hardisk
         Hard disk merupakan salah satu piranti yang tidak terpisahkan dalam system computer masa kini.
         Tempar penyimpanan data dengan sistem permanen
         Data tersimpan di dalam hard disk dalam bentuk  file
         Ukuran yang paling sering di pakai dalam menilik sebuah hard disk adalah seberapa besar kapasitasnya
         Namun, selain kapasitas, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah performanya, khususnya adalah masalah kecepatan
Ada 2 parameter  yang biasa dipakai untuk menentukan performa sebuah hard disk:
Data Rate
         Adalah jumlah byte per detik yang dapat dihantarkan ke CPU. Besaran yang umum berkisar antara 5 hingga 40 megabyte per detik.
Seek Time
         Adalah selang waktu yang diperlukan antara saat CPU merequest sebuah file dengan saat byte pertama terkirim ke CPU. Besaran yang umum berkisar pada 10 hingga 20 milisekon.

OPTICAL DISK

}  Adalah suatu akses langsung ke disc yang menulis dan membaca dengan cahaya. Contoh media penyimpanan yang bersifat optic ini adalah : CD, DVD , CDROM dapat menyimpan data hingga 600MB, tetapi kini banyak dipasarkan hingga ukuran gigabyte. Dengan kapasitas yang begitu besar, maka daya tampung CDROM bisa disamakan dengan sekitar 430 disket yang berukuran 1.4MB Untuk melakukan penyimpanan data, CDROM menggunakan panas sinar laser yang akan membakar metalic film melalui sebuah lubang khusus. Lubang inilah yang menyajikan data dalam bentuk binary.  Dikarenakan hal tersebut, data yang sudah tertulis diatas CDROM belum bisa diperbaiki/ diganti baru. User hanya bisa membaca untuk kemudian dipindahkan kedalam harddisk. Hal ini sesuai dengan namanya, yaitu Compact Disc Read Only Memory . Saat ini cukup banyak CD dengan kemampuan Read dan Write, dalam arti kata bisa digunakan untuk menulis dan membaca secara berulang-ulang seperti halnya sebuah disket. Bentuk track pada CDROM adalah spiral. Track ini akan terus menyambung mulai dari bagian luar melingkar-lingkar sampai ke bagian dalam. Track berbetuk spiral menyebabkan waktu aksess secara acak lebih lambat dibandingkan dengan track konsentris pada harddisk. Sektor-sektor pada track berdampingan mulai dari track terluar dan melingkar sampai track terdalam.


Format data pada track disk
Field ID merupakan header data yang digunakan diskdrive menemukan letak sector dan tracknya. Byte SYNCH adalah pola bit yang menandakan awal field data

Gerakan Head
         Pada head tetap setiap track memiliki kepala head sendiri, sedangkan pada head bergerak, satu kepala head digunakan untuk beberapa track dalam satu muka disk.
          Pada head bergerak adalah lengan head bergerak menuju track yang diinginkan berdasarkan perintah dari disk drive-nya
CD-ROM
         CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory”) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita
         Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu :ATA/IDE  DAN SCSI
FUNGSI CD ROM
Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.
DVD-ROM
         DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc
         DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.
         Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.
Fungsi DVD ROM
         Drive berarti penggerak atau pemutar.
         DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.
perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program.pada.DVD
Lapisan Metal (Reflektor)
         Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan sinar laser kembali ke photosensor
         Lapisan ini memiliki tiga jenis reflective metal yang umum digunakan: emas, alumunium, perak, atau perak alloy
Recordable Optical Technologies
·         Struktur Disc(CD/DVD)
CD dan DVD memiliki material dan lapisan dasar yang sama, Sebuah DVD sebenarnya adalah dua CD tipis yang direkatkan menjadi satu.
·         Lapisan Substrat Polikarbonat (plastik)

Lapisan ini adalah lapisan terluar dari disc, suatu lapisan yang memebri ketebalan disc dan menjaga disc tersebut agar tetap datar. Jika lapisan ini kotor/rusak, akan mengakibatkan data sulit dibaca.

·         Lapisan Data
Sesuai namanya, lapisan ini berisi data. Data tersebut berupa tanda, atau lekukan yang dapat menyerap atau memantulkan kembali sinar laser yang dipancarkan. Pada CD, lapisan ini berada di bawah lapisan reflektif pada label, pada DVD, lapisan ini berada ditengah-tengah disc.

·         Lapisan Permukaan Tambahan
Lapisan ini terdiri dari 3 jenis, yaitu:
         thermal-printable,
          inkjet-printable,
          silkscreen-printable
.
·         Smart Card
Smart Card merupakan sebuah jenis kartu yang tertanam komponen chip sehingga kartu smart card ini memungkinkan untuk dapat digunakan sebagai media penyimpan data, media yang memiliki frekuensi dan media yang mampu berkomunikasi dengan alat pembaca dan penulis smart card. Smart card dilengkapi dengan sebuah teknologi pengamanan yang sangat tinggi melalui metode enkripsi sehingga penggunaan smart card saat ini cukup luas karena tingkat keamanan penggunaan kartu yang relatif terjamin

Keunggulan Smart Card
         Smart Card memiliki beberapa kelebihan dalam hal kehandalan, kemampuan menyimpan beratus-ratus informasi dan sulit untuk dipalsukan. Kartu pintar ini cukup mudah untuk diprogram, sehingga memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut di sisi aplikasinya.

Solid State Drive (SSD)
         Sebuah solid state drive adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan memori solid state untuk menyimpan data. Meskipun secara teknis tidak disk, solid state drive akan sering disebut sebagai drive solid state disk, atau disk solid state, mengacu pada fakta bahwa, dalam beberapa hal, itu menggantikan hard disk tradisional drive.
         Prinsip di balik solid state drive adalah bahwa tidak boleh ada bagian yang bergerak:
         tidak ada piring berputar,
         tidak ada kepala bergerak.
         Data dibagi menjadi potongan-potongan panjang kata dan disimpan dalam memori. Hal ini kemudian diakses hampir seketika menggunakan unik seluruh sistem alamat.

Pembelajaran 5b

Mengoptimalkan  Penyimpanan Data

·         Data Transfer Rate     
Kecepatan transfer data (DTR) adalah jumlah digital Data yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. Tingkat transfer data dapat dilihat sebagai kecepatan perjalanan jumlah tertentu data dari satu tempat ke tempat lain. Dalam telekomunikasi, transfer data biasanya diukur dalam bit per detik.

·         Mengoptimalkan kinerja Disk
·         Membersihkan file file yang tidak perlu.
·         Mendeteksi Disk yang bermasalah
·         Melakukan defragmentasi pada harddisk
·         Mengkompressi file

Mendeteksi Disk yang bermasalah

         Lakukan pemeriksaan pada penyimpanan anda.
         Disk yang error dapat mengurangi kinerjanya sendiri.
         Hal yang biasa terjadi pada sebuah penyimpanan adalah Disk yang terkotaminasi dengan virus, Low Disk Space atau disk yang sudah hampir penuh.

Disk Defrgmentasi

         Sebuah utilitas di Microsoft Windows yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan akses dengan mengatur ulang file yang tersimpan pada disk yang untuk menduduki bersebelahan lokasi penyimpanan, teknik ini disebut defragmentasi .

Drive Standard Interface

         EIDE
         SCSII
         USB and Firewire















Bagikan artikel ini pada :

Terima kasih Anda sedang membaca artikel Penjelasan Dan Macam Macam Penyimpanan Data Pada Komputer. Jangan lupa masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari Ilmu Jaringan dan Komputer.


Your information will not be shared. Ever.
Support : Copyright © 2013. Ilmu jaringan dan Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Kang Kapuk
Proudly powered by Blogger