Pengertian Dan Tipe-Tipe Protocol



. 

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Protokol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara umum digunakan pada komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang.
Sangat susah untuk menggeneralisir protokol dikarenakan protokol memiliki banyak variasi di dalam tujuan penggunaanya. Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau beberapa dari hal berikut:

  • Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.
  • Melakukan metode "jabat-tangan" (handshaking).
  • Negosiasi berbagai macam karakteristik hubungan.
  • Bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu pesan.
  • Bagaimana format pesan yang digunakan.
  • Yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna.
  • Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya
  • Mengakhiri suatu koneksi.
Untuk memudahkan memahami Protokol, kita mesti mengerti Model OSI. Dalam Model OSI terdapat 7 layer dimana masing-masing layer mempunyai jenis protokol sesuai dengan peruntukannya.
Tipe-tipe Protokol
a.     TCP/IP
·         Transmission Control Protocol (TCP) adalah suatu protokol yang berada di lapisan transpor (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). TCP dispesifikasikan dalam RFC 793.
TCP memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Berorientasi sambungan (connection-oriented): Sebelum data dapat ditransmisikan antara dua host, dua proses yang berjalan pada lapisan aplikasi harus melakukan negosiasi untuk membuat sesi koneksi terlebih dahulu. Koneksi TCP ditutup dengan menggunakan proses terminasi koneksi TCP (TCP connection termination).
  • Full-duplex: Untuk setiap host TCP, koneksi yang terjadi antara dua host terdiri atas dua buah jalur, yakni jalur keluar dan jalur masuk. Dengan menggunakan teknologi lapisan yang lebih rendah yang mendukung full-duplex, maka data pun dapat secara simultan diterima dan dikirim. Header TCP berisi nomor urut (TCP sequence number) dari data yang ditransmisikan dan sebuah acknowledgment dari data yang masuk.
  • Dapat diandalkan (reliable): Data yang dikirimkan ke sebuah koneksi TCP akan diurutkan dengan sebuah nomor urut paket dan akan mengharapkan paket positive acknowledgment dari penerima. Jika tidak ada paket Acknowledgment dari penerima, maka segmen TCP (protocol data unit dalam protokol TCP) akan ditransmisikan ulang. Pada pihak penerima, segmen-segmen duplikat akan diabaikan dan segmen-segmen yang datang tidak sesuai dengan urutannya akan diletakkan di belakang untuk mengurutkan segmen-segmen TCP. Untuk menjamin integritas setiap segmen TCP, TCP mengimplementasikan penghitungan TCP Checksum.
  • Byte stream: TCP melihat data yang dikirimkan dan diterima melalui dua jalur masuk dan jalur keluar TCP sebagai sebuah byte stream yang berdekatan (kontigu). Nomor urut TCP dan nomor acknowlegment dalam setiap header TCP didefinisikan juga dalam bentuk byte. Meski demikian, TCP tidak mengetahui batasan pesan-pesan di dalam byte stream TCP tersebut. Untuk melakukannya, hal ini diserahkan kepada protokol lapisan aplikasi (dalam DARPA Reference Model), yang harus menerjemahkan byte stream TCP ke dalam "bahasa" yang ia pahami.
  • Memiliki layanan flow control: Untuk mencegah data terlalu banyak dikirimkan pada satu waktu, yang akhirnya membuat "macet" jaringan internetwork IP, TCP mengimplementasikan layanan flow control yang dimiliki oleh pihak pengirim yang secara terus menerus memantau dan membatasi jumlah data yang dikirimkan pada satu waktu. Untuk mencegah pihak penerima untuk memperoleh data yang tidak dapat disangganya (buffer), TCP juga mengimplementasikan flow control dalam pihak penerima, yang mengindikasikan jumlah buffer yang masih tersedia dalam pihak penerima.
  • Melakukan segmentasi terhadap data yang datang dari lapisan aplikasi (dalam DARPA Reference Model)
  • Mengirimkan paket secara "one-to-one": hal ini karena memang TCP harus membuat sebuah sirkuit logis antara dua buah protokol lapisan aplikasi agar saling dapat berkomunikasi. TCP tidak menyediakan layanan pengiriman data secara one-to-many.
TCP umumnya digunakan ketika protokol lapisan aplikasi membutuhkan layanan transfer data yang bersifat andal, yang layanan tersebut tidak dimiliki oleh protokol lapisan aplikasi tersebut. Contoh dari protokol yang menggunakan TCP adalah HTTP dan FTP




a.     IPX/SPX
IPX/SPX adalah singkatan dari Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange. IPX dan SPX adalah protokol jaringan yang digunakan terutama pada jaringan menggunakan Novell NetWare Sistem Operasi IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Services 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah lapisan jaringan protokol (lapisan 3 dari OSI Model) sedangkan SPX adalah lapisan transport protokol (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien/server aplikasi. IPX dan SPX keduanya menyediakan layanan koneksi yang serupa dengan TCP/IP protokol IPX memiliki kemiripan dengan IP dan protocol SPX memiliki kemiripan dengan TCP.
IPX/SPX itu terutama dirancang untuk jaringan area lokal(LAN), dan merupakan protokol yang sangat efisien untuk tujuan ini (biasanya melebihi performa dari TCP/IP pada sebuah LAN). TCP/IP bagaimanapun menjadi standar de facto protokol. Hal ini sebagian karena kinerja superior melalui wide area network dan Internet (yang menggunakan TCP / IP secara eksklusif) dan juga karena TCP / IP adalah protokol yang lebih dewasa, yang dirancang secara khusus dengan tujuan ini dalam pikiran. Walaupun protokol asosiasi dengan NetWare, mereka tidak diperlukan untuk komunikasi NetWare (per NetWare 5.x) ataupun hanya digunakan pada jaringan NetWare. NetWare komunikasi membutuhkan NCP pelaksanaan yang dapat menggunakan IPX/SPX, TCP/IP, atau keduanya sebagai transportasi.
Implementasi
Novell sebagian besar bertanggung jawab atas penggunaan IPX sebagai protokol jaringan komputer yang populer karena dominasi mereka dalam perangkat lunak sistem operasi jaringan pasar (dengan Novell Netware) dari akhir 1980-an hingga pertengahan 1990-an.
DOS
Novell NetWare asli klien ini ditulis untuk DOS. Diperlukan versi awal keras-linked stack protokol, di mana eksekusi terpisah akan dibuat oleh administrator jaringan untuk setiap kartu jaringan konfigurasi pada jaringan. File ini akan dimuat pada saat boot dan tetap tinggal dalam memori sampai sistem ditutup. Kemudian implementasi stack memungkinkan jaringan yang akan diambil dan diturunkan secara dinamis menggunakan modul yang sudah ada sebelumnya. Hal ini sangat disederhanakan pemeliharaan klien workstation pada jaringan.
Windows
Karena IPX/SPX prevalensi di LAN pada 1990-an, Microsoft menambahkan dukungan untuk protokol ke dalam Windows stack jaringan, dimulai dengan Windows fof Workgroups dan Windows NT. Microsoft bahkan bernama pelaksanaannya "NWlink", menyiratkan bahwa dimasukkannya lapisan 3/4 transport yang disediakan konektivitas NetWare. Pada kenyataannya, protokol yang didukung sebagai transportasi asli untuk Windows SMB/NetBIOS dan NetWare konektivitas diperlukan instalasi tambahan NCP klien (Microsoft menyediakan klien NetWare dasar dengan Windows 95 dan tetapi kemudian tidak otomatis terinstal, dan pada awalnya penjilidan NetWare hanya didukung mode).
NWLink masih diberikan dengan Windows (sampai dengan dan termasuk Windows 2003) tetapi tidak disertakan dengan atau didukung di Windows Vista. Penggunaannya sangat dianjurkan karena tidak dapat digunakan untuk jaringan Windows kecuali sebagai transportasi untuk NetBIOS yang is deprecated. Untuk sebagian besar, Novell's 32-bit Windows perangkat lunak klien telah dihindari NWLink alternatif yang dikembangkan oleh Novell, meskipun beberapa versi ijin penggunaan Microsoft's IPX/SPX pelaksanaan (dengan peringatan mengenai potensi ketidaksesuaian).
Lainnya
Selama beberapa tahun, Novell NetWare disediakan asli klien untuk OS2. Ini mirip struktur klien untuk DOS. Implementasi telah ditulis untuk berbagai jenis Unix/Linux, baik oleh Novell dan vendor lainnya. Secara khusus, Novell UnixWare didukung IPX/SPX aslinya. Namun, sementara UnixWare dapat bertindak sebagai klien untuk NetWare server dan aplikasi opsional dapat mendukung IPX/SPX sebagai transportasi, UnixWare tidak memberikan kemampuan untuk berbagi file atau printer pada jaringan NetWare tanpa paket perangkat lunak tambahan. Open Enterprise Server Linux tidak mendukung IPX/SPX. Open source freeBSD sistem operasi meliputi IPX/SPX stack, untuk mendukung kedua sebuah sistem berkas NetWare klien, nwfs, serta NetWare server menggunakan Mars.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Dan Tipe-Tipe Protocol"