Teknik Informatika UNM

Pengertian dan Fungsi Pointing Device

Ditulis oleh: -


Input Device
Input device menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.


Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.

Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Yang termasuk kedalam input device adalah :
Keyboard
Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.
Keyboard merupakan peralatan input yang paling banyak digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam komputer. Dengan menekan sebuah tombol, keyboard akan men-generate kode yang merepresentasikan karakter yang berhubungan dengan tombol tersebut Keyboard berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi Key Group Fungsi CTRL Digunakan untuk men -generate control codes dan kombinasinya dengan key yang lain. ALT Digunakan untuk mengenerate fungsi Alt dan kombinasinya dengan key yang lain. SHIFT Mengubah karakter huruf kecil ke besar dan sebaliknya, atau karakter yang terletak diatas tanda yang terlihal pada papan keyboard.
Fitur-fitur keyboard diantaranya adalah numeric pad yang digunakan untuk memasukkan angka-angka dan siimbol-simbol aritmatika, toogle keys tombol yang digunakan untuk maksud khusus,yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan fitur yang ada contohnya adalah tombol Caps Lock. Combination keys adalah tombol yang dapat menjalankan suatu perintah jika dikombinasikan oleh tombol lain.Keyboard shortcuts adalah alternative dalam pemilihan item dari suatu menu contohnya : CTRL+C,CTRL-X. Programmable keys suatu tombol fungsi untuk menjalankan tugas – tugas spesifik.
Pointing device
Ketika anda mengoperasikan suatu modem dengan mengklik menu perintah, atau mengklik suatu tombol pada layar atau menangkap gambar dan meletakkannya pada lokasi yang berbeda. Untuk melakukan semua itu diperlukan peralatan pengarah yang disebut pointing device. Ada banyak macam dari pointing device tergantung pada pekerjaan yang akan dilakukan.
Mouse adalah pointing device yang paling banyak digunakan. Mouse ada beberapa macam diantaranya adalah mechanical mouse adalah mouse bola yang berputar pada landasannya, optical mouse, cordless (wireless) mouse. Mouse yang memakai bola disebut mechanical mouse. Jika gerakan bola di deteksi oleh roller dan sirkuit pengkodean mekanis di dalam mouse Optomechanical mouse ( jika gerakan bola diterjemehkan menjadi sinyal listrik oleh peralatan optical). Pada optical mouse ini, sewaktu mouse digerakkan pada permukaan mousepad, peralatan foto sensor akan mendeteksi pergerakan di atas grid, dan mengirim sinyal yang sesuai ke komputer.
Tidak semua mouse memiliki resolusi yang sama. Ada mouse yang memiliki resolusi pergerakan1/200 inchi. Mouse berresolusi mampu mengenali pergerakan hingga 1/200 inchi. Model berresolusi tinggi ini mengirim lebih banyak sinyal pergerakan ke komputer per inchi.
Trackball adalah peralatan semacam mouse, kecuali pada trackball bola berputar yang terletak pada landasan seperti halnya mouse, pada trackball ini diletakkan pada bagian atas sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari. Beberapa model dari trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard dari komputer notebook.
Touchpad adalah pointing device yang sekarang telah banyak terdapat pada laptop. Touch Screen atau layar sentuh memungkinkan anda untuk menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau label. Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau perintah akan dieksekusi . Touch screen digunakan secara luas pada kios informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport, dan departement store. Touch screen memungkinkan user untuk berinteraksi dengan peralatan yang sangat kecil seperti misal jam casio dengan fasilitas layar sentuh.
Joystick digunakan untuk keperluan game/ permainan selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard. Pointing device seperti joystick ini biasa didapatkan pada komputer portable, karena komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat seperti pesawat terbang dimana tidak ada permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device lain seperti mouse.
Pointing Stick biasanya terletak diantara tombol-tombol yang berada pada keyboard. Dengan Light pen memungkinkan untuk menyentuh suatu titik di layer dan computer akan membaca lokasi tersebut..Jika pada touch screen kita menyentuh dengan tangan, maka pada light pen kita menyentuh posisi di layar dengan pen tersebut. Dengan Light pen, posisi sentuhan di layar akan lebih tepat dan teliti. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik dan gambar di dalam perencanaan dengan bantuan computer.
Stylus adalah perangkat lunak pengenal tulisan tangan, biasanya terdapat pada handphone yang menggunakan stick, bentuknya seperti pulpen.
Scaning Device
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Jenis-jenis scanner diantaranya adalah :
Optical Scanner, Bar Code readers, Characters and Mark Recognition Devices.
Bar Code readers adalah pembaca barcode. Bar code adalah suatu peralatan input yang didesain untuk tujuan yang spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian.bar (garis). Garis-garis tersebut memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh light-pen atau peralatan scanner. Contoh Aplikasi Bar -Code :Supermarket, stock inventory, system perpustakaan untuk catalog buku. Bentuk pertama dari scanner adalah alat pembaca pengenal karakter tinta mengnetik atau Magnetic-ink character recognition (MICR). MICR reader banyak digunakan untuk transaksi cek di bank-bank yang ada di Amerika Serikat. Pada saat proses pemindaian dokumen terutama dokumen teks, hasil output masih berupa format gambar flat sehingga teks tidak dapat diubah atau disalin secara langsung. Untuk itu diperlukan sebuah proses lagi yaitu Optical Character Recognition (OCR). Proses OCR adalah proses yang menerjemahkan gambar karakter (image character) menjadi bentuk teks dengan cara mencocokkan pola karakter per baris dengan pola yang telah tersimpan dalam database aplikasi. Hasil dari proses OCR adalah berupa teks sesuai yang tampak pada gambar output scanner dimana tingkat keakuratan penerjemahan karakter tergantung dari tingkat kejelasan gambar. Jenis lain dari scanner adalah Optical Mark Reader (OMR) yang biasanya digunakan untuk membaca dokumen. OMR banyak digunakan untuk memeriksa hasil ujian ataupun pada saat penerimaan mahasiswa baru. OMR akan membaca mark (tanda) yang diberikan pada lembar kertas. Tanda ini biasanya dibuat dengan menggunakan pensil 2B. Dengan menentukan posisi baris dan kolom pada kertas yang bersangkutan, dan kemudian dikonversikan pada tabel yang dimiliki, maka OMR bisa mengetahui jawaban yang diberikan salah atau benar.
Digitizing Device
Digitizing device gambar diberikan batasan-batasan atau diidentifikasikan, kemudian diberikan kode yang telah dibatasi tersebut
Menggambar graphic secara electronic dapat dilakukan dengan digitizer graphic tablet. Dengan alat ini memungkinkan untuk mebuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah titik di grafik dengan menggunakan alat menyerupai pen, selanjutnya hasil dari grafik akan tampak dilayar.
Digital Notebook adalah notebook digital yang berfungsi sebagai notebook dalam bentuk elektronik.
Bagikan artikel ini pada :

Terima kasih Anda sedang membaca artikel Pengertian dan Fungsi Pointing Device. Jangan lupa masukan email Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update artikel dari Ilmu Jaringan dan Komputer.


Your information will not be shared. Ever.
Support : Copyright © 2013. Ilmu jaringan dan Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Kang Kapuk
Proudly powered by Blogger