Pengertian dan Bagian bagian Komputer


Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer
atau perangkat keras komputer.

Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung.Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. Berikut definisi termininologi komputer menurut para pakar :

1.  Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2.      Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
a)      menerima input
b)      memproses input tadi sesuai dengan programnya
c)      menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
d)     menyediakan output dalam bentuk informasi

3.   Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system)Elemen dari sistem komputer terdiri dari software, hardware dan brainware yang harus berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerjasama.
a.   Hardware/Perangkat keras merupakan sumber daya utama untuk proses komputasi. Perangkat keras komputer terdiri dari CPU, memory, dan perangkat input/output.
b.      Software/Perangkat Lunak sistem operasi dan program aplikasi.
  • System operasi mempunyai tugas sebagai software yang pertama kali berjalan saat komputer dijalankan, melakukan Kontrol, dan sebagai penghubung antara perangkat keras dan program aplikasi.
  • Program Aplikasi bertugas menentukan cara sumber daya sistem digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi dari user.
c.    Brainware/Pengguna : manusia/user(mesin atau komputer lain) yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Penggolongan Komputer 
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal yaitu :
A. Pengertian Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah
1.        Komputer Analog
Komputer Analog Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan.

2.        Komputer Digital
Komputer Digital Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu.

3.        Komputer Hybrid
Komputer Hybrid Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian dan Bagian bagian Komputer"