makalah jaringan komputer lanjut

BAB I


PENDAHULUAN



1.1         LATAR BELAKANG

Melihat perkembangan teknologi informasi pada saat ini berkembang seiring dengan revolusi teknologi informasi. Hal ini terlihat pula dalam perkembangan teknologi dibidang pendidikan yang berkembang pesat).
Perkembangan teknologi informasi di dunia pendidikan berkembang dengan sangat pesat. Hal ini juga terjadi pada Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS Semarang yang juga merupakan salah satu universitas yang menggunakan
perkembangan teknologi informatika untuk menunjang proses belajar mengajardi Universitas tersebut. Oleh karena itu maka diperlukannya sarana dan prasarana yang dalam hal ini dapat meningkatkan proses pembelajaran baik secara teori maupun praktek. Misalnya dalam pembelajaran praktek, dibutuhkannya prasarana yang sangat mendukung proses pembelajaran praktek seperti Laboratorium dan prasarana yang lainnya yang sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran yang berlangsung di Universitas Dian Nuswantoro.
Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang ada di Universitas Dian Nuswantoro itu kami melakukan penelitian di Universitas Dian Nuswantoro  yaitu di Laboratorium yang bertujuan untuk mengetahui apakah prasarana laboratorium yang ada di UDINUS tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan pengguna khususnya mahasiswa serta dosen dan apakah  pengguna merasa nyaman atau tidak serta apakah pengguna menemui kesulitan atau tidak dalam menggunakan laboratorium tersebut.
Sehingga proses belajar mengajar tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa menemui masalah atau kesulitan apapun. Serta apa saja peralatan yang berada di dalam laboratorium tersebut ?.
Dalam hal ini kami melakukan penelitian di Universitas Dian Nuswantoro tepatnya Laboratorium  D.2.I yang terletak pada lantai 2 di gedung D( gedung Fakultas Ilmu Komputer). Fungsi dari laboratorium D.2 I ini khususnya untuk Rekayasa Perangkat lunak. Selain itu laboratorium ini juga digunakan dalam pembelajran aplikasi pemrograman web lanjut, aplikasi komputer dan sistem informasi.  Dalam Laboratorium  ini terdapat 45 komputer yang berfungsi sebagai komputer client yang berjumlah 43 komputer, komputer AssLab berjumlah 1 komputer dan komputer display atau komputer yang sering digunakan oleh dosen yang terletak di depan dan berhubungan langsung dengan LCD  berjumlah 1 buah. Dan masing-masing komputer yang terdapat dalam Laboratorium ini dapat terhubung dengan internet melalui sebuah server yang berada di UPT di Universitas Dian Nuswantoro.  Dalam laboratorium yang kami teliti menggunakan beberapa alat jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antara satu komputer dengan komputer lainnya, antaralain HUB dan Kabel UTP. 
1.1         Perumusan Masalah
                     Dalam penelitian yang kami lakukan terdapat beberapa masalah yang kami simpulkan :
1.           Apakah laboratorium yang terdapat dalam Universitas Dian Nuswantoro sudah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh mahasiswa dan dosen pada khusunya serta pengguna pada umumnya?
2.           Apakah pengguna sudah merasa nyaman dalam menggunakan laboratorium ini ? dan Apakah pengguna menemukan kesulitan di dalam penggunaan laboratorium ini ?
3.           Apa saja peralatan yang terdapat didalam laboratorium tersebut
1.2         Manfaat
                  Manfaat yang dapat diambil dari penelitian diatas antara lain :
1.           Untuk mengetahui apakah pengguna sudah merasa nyaman di dalam penggunaan laboratorium tersebut.
2.           Untuk mengetahui apakah laboratorium yang terdapat dalam Universitas Dian Nuswantoro sudah memadai dan sudah dapat mendukung proses belajar mengajar yang terjadi di Universitas Dian Nuswantoro.
3.           Untuk mengetahui peralatan apa saja serta aplikasi apa saja yang terdapat di dalam Laboratorium yang terdapat di Universitas Dian Nuswantoro.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Dasar-Dasar Teori
Dalam penelitian ini kami memilih untuk melakukan study kasus di Laboratorium yang terletak di D.2 I. Dalam hal ini kami mendapatkan berbagai hasil penelitian yang sebagai berikut.
1.                  Topologi
Topologi yang digunakan di dalam  D.2 I adalah jenis topologi star.Hal ini dikarenakan banyak keuntungan yang dapat diambil bila menggunakan topologi star
Topologi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana cara komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras (hardware) jaringan, sedangkan topologi logika menguraikan perilaku komputer pada jaringan dari sudut pandang operator manusianya (brainware). Pada pokok bahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang topologi star.
Dalam topologi star, semua kabel dihubungkan dari komputer-komputer ke lokasi pusat (central location), dimana semuanya terhubung ke suatu alat yang dinamakan hub. Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).
                         Bagaimana Jaringan Star Bekerja ?
Setiap komputer dalam jaringan bintang berkomunikasi dengan central hub yang mengirimkan kembali pesan ke semua komputer (dalam broadcast star network) atau hanya ke komputer yang dituju (dalam switched star network). Hub dalam broadcast star network dapat menjadi aktif ataupun pasif. Active hub memperbaharui sinyal elektrik yang diterima dan mengirimkannya ke semua komputer yang terhubung ke hub. Hub tipe tersebut sering disebut juga dengan multiport repeater. Jika kita menggunakan hub memiliki 32 port, dengan seluruh port terisi, maka collision akan sering terjadi yang akan mengakibatkan kinerja jaringan menurun. Untuk menghindari hal tersebut kita bisa menggunakan switch yang memiliki kemampuan untuk menentukan jalur tujuan data. Active hub dan switch membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya. Pasisive hub, seperti wiring panel atau blok punch-down, hanya berfungsi sebagai titik koneksi (connection point) dan tidak melakukan penguatan sinyal atau memperbaharui sinyal. Passive hub tidak membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya.
Keuntungan dari penggunaan topologi star:
o    Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung. Kita hanya tinggal menambah kabel baru dari komputer kita ke lokasi pusat (central location) dan pasangkan kabel tersebut ke hub. Bila kapasitas dari hub pusat sudah melebihi, maka kita tinggal mengganti hub tersebut dengan hub yang memiliki jumlah port yang lebih banyak.
o    Pusat dari jaringan star merupakan tempat yang baik untuk menentukan diagnosa kesalahan yang terjadi dalam jaringan. Intelligent hub merupakan hub yang dilengkapi dengan microprocessors yang selain memiliki fitur sebagai tambahan untuk mengulang sinyal jaringan juga melakukan monitor yang terpusat dan manajemen terhadap jaringan.
o    Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star. Hub dapat mendeteksi kesalahan dalam jaringan dan memisahkan komputer yang rusak tersebut dari jaringan dan memperkenankan jaringan untuk beroperasi kembali.
o    Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
Kekurangan dari penggunaan Topologi Star :
1.        Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
2.        Memerlukan alat pada central point untuk mem-broadcast ulang atau pergantian traffic jaringan (switch network traffic).
3.        Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.
1.      Model Koneksi
Dalam hal ini jenis jaringan yang digunakan adalah jenis jaringan client-server dan jaringan yang digunakan adalah LAN(Local Area Network.
Untuk model koneksi tersebut ada beberapa jenis model koneksi yang dapaJenis model koneksi yang ada antara lain peer to peer, client server, dll.  
  Dalam Laboratorium D.2.I menggunakan model koneksi yaitu client server karena computer yang berada dalam Laboratoirum berperan sebagai client kemudian komputer client tersebut terhubung oleh satu server yang dapat menghubungkan client dengan jaringan internet yang dibutuhkan oleh client. 
1.      Client-Serv
Yaitu ada sebuah server yang dalam hal ini server yang berhubungan
dengan Lab D.2 I  berada di UPT. Dengan digunakannya jenis jaringan client-server dapat diperoleh keuntungan serta kerugiannya antara lain
a.      Keuntungan
1.     Terpusat
2.    Mendukung keamanan jaringan yang lebih baik
3.    Kemudahan administrasi ketika jaringan bertambah besar
b.      Kerugian
1.      Butuh administrator jaringan yang professional
2.      Butuh perangkat bagus untuk digunakan sebagai computer server
3.      Butuh sever untuk mempermudah manajemen jaringan
4.      Bila server down semua data dan resource di server tidak bisa diakses.
Pengertian Server
Server adalah suatu computer yang memberikan suatu layanan bagi computer lain dalam suatu jaringan. Server disini kami menggunakan operating system linux, dengan pertimbangan bahwa operating system yang di gunakan pada computer clien adalah windows, sehingga data yang masuk ke server apabila terkena virus tidak akan menginfeksi computer server.
1.      Jenis Jaringan
Jaringan yang digunakan adalah jaringan LAN(Local Area Network) Jaringan LAN(Local Area Network )adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, biasanya hanya sekitar 1 km persegi(misalnya: sebuah perkantoran di sebuah gedung atau di sebuah sekolah ).
  1. 1.      Jumlah Komputer Serta Spesifikasi Komputer        Jumlah Komputer yang terdapat dalam Lab D.2 I adalah
Jumlah total computer : 45 Komputer   Komputer yang berfungsi sebagai    client    berjumlah  43 komputer    Komputer yang berfungsi sebagai komputer aslab        berjumlah  1 komputer   Komputer yang berfungsi sebagai komputer display berjumlah 1 komputer .Dalam hal ini spesifikasi yang digunakan : Processor   : Intel ( R ) Pentium ( R ) 4   CPU 2.26  GHz, RAM    : 256 M  , VGA : ATI Rodeon 9200 PRO AGP 128 MB 32  Bit, HDD         : 40 GB ,    OS    : Windows XP Profesional   Service Pack 2
2.      Fungsi Kegunaan Lab
Lab yang kami gunakan dalam penelitian yaitu Lab D.2 I  digunakan sebagai Rekayasa Perangkat Lunak.
3.      Alat Jaringan Yang digunakan
1.      HUB
Hub/switch
Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bag kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation.
Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.
1.      Kabel UTP
·            Kabel UTP dan connector
UTP merupakan singkatan dari Unshield Twisted Pair. Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan antar komputer. Di dalam kabel UTP ada 8 kabel kecil yang berisi tembaga solid. UTP mempunyai jarak maksimum 100 meters (~300ft). UTP hanya digunakan di dalam ruangan atau indoor sedangkan outdoor dapat menggunakan STP. Setiap kabel UTP mempunyai kategori yang tersusun. Yang sekarang banyak dipakai adalah Cat 5e untuk kecepatan 100 mbps. Untuk kabel UTP, Warnet VIP-NET menggunakan kabel Belden USA
Jenis-jenis pengkabelan :
ü  Pengkabelan tipe straight
Pengkabelan ini merupakan tipe pengkabelan yang paling mudah dibuat karena susunannya yang urut. Standard susunannya adalah sebagai berikut :
putih orange
orange
putih hijau
      biru              putih biru
       hijau
                               putih coklat
                               coklat
       Sebenarnya susunan warna disini boleh juga dibolak-balik.
ü  Pengkabelan tipe cross
Biasa digunakan untuk menyambung dua device yang sama, misal antar hub, atau antar komputer. Susunannya adalah sebagai berikut :
Ujung kabel pertama
putih orange orange
putih hijau
biru
putih biru
hijau
putih coklat
coklat
Ujung Kabel Kedua
putih hijau
hijau
putih orange
biru
putih biru orange putih coklat
coklat
·         Sedangkan untuk  connector yang digunakan di        Laboratorium D.2.I adalah menggunakan connector RJ-45 
3.      Router
Sebuah Router mampu mengirimkan data/informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang berbeda, router hampir sama dengan bridge, meski tidak lebih pintar dibandingkan bridge, namun pengembangan perangkat router dewasa ini sudah mulai mencapai bahkan melampaui batas tuntutan teknologi yang diharapkan
          2.2          POKOK PEMBAHASAN
a.  Tempat Survei         :
                 Tempat survei yang kami lakukan untuk penelitian adalah di Laboratorium D.2 i.
b.  Jenis Topologi
                      Jenis Topologi yang digunakan dalam   Lab D.2.I adalah topologi star.
c.  Jenis Jaringan
                                 Jaringan LAN (Local Area Network ) yang digunakan dalam  Laboratorium D.2.I.
d.   Jumlah Komputer dan Spesifikasi      Jumlah total computer : 45 Komputer   Komputer  yang berfungsi sebagai            client    berjumlah  43 komputer    Komputer yang berfungsi sebagai komputer           aslab berjumlah  1 komputer   Komputer yang berfungsi sebagai komputer           display berjumlah 1 komputer . Dalam hal ini spesifikasi yang digunakan :                          Processor   : Intel ( R ) Pentium ( R ) 4   CPU 2.26  GHz RAM    : 256 M                           , VGA : ATI Rodeon 9200 PRO AGP 128 MB 32  Bit,  HDD         : 40 GB ,    OS    : Windows XP Profesional   Service Pack 2
e.    Fungsi Laboratorium
                                             Fungsi dari Laboratorium D.2.I yaitu untuk Rekayasa  Perangkat Lunak.
f.     Alat Jaringan, Spesifikasi
                                           1. HUB    
                Hub yang dipakai dalam Lab D.2.I terdapat 4 jumlah yang  memiliki 16 Port . Dengan model Hub (DES-10160) TP10160.
                                           2. Kabel UTP
g.    Server serta Connection
                                                     Server yang ada dalam Laboratorium terdapat dalam UPT serta dalam setiap Lab bisa connec langsung dengan internet.
h.    Aplikasi
                                  Aplikasi yang sering digunakan atau yang sering    dipakai dalam penggunaan Lab D.2.I antara lain Web, Foxpro, dan MySql yang sering digunakan dalam matakuliah pemrograman web, system aplikasi komputer,dll.
i.          Software
                    Software yang terdapat di dalam Lab D.2.I ini yang menunjang dalam pembelajaran antara lain :Visual Foxpro 9, TextPad, GIS, Visual Basic, CR 8,Flash, SPSS 16, dan Dreamweaver.
j.    IP Address
                      IP Address
                      X(tidak terpakai)      : 192.168.10.0
                     IP Lab Client            : 192.168.10.1
                                                                           …………………………
                    IP Lab Client           : 192.168.10.61
                   IP Lab Ass               : 192.168.10.201
                   IP Komp Display     : 192.168.10.62
                   X(tidak dipakai)      : 192.168.10.63
                    Mask                       : 255.255.255.192
                   Gateway                   : 192.168.10.254
                    DNS                        :  192.168.10.254
                   WINS                    : 192.168.10.253
                   Server
                ServerMW           : 192.168.10.250
                Spare                   : 192.168.10.251
                 Spare                    : 192.168.10.252
                ServerLab               : 192.168.10.253
                 ServerGateway       : 192.168.10.254
                 (tidak dipakai)       : 192.168.10.255
k.    Kesan Dan Pesan Pengguna 
                                            a.   Kesan Pengguna
                                               1. Pengguna sudah merasa nyaman pada saat pemakaian Lab D.2.I, namun terkadang komputer yang dipakai pengguna terkadang mati secara otomatis.
                                                  2. Peralatan yang terdapat di dalam Lab D.2.I sudah mencangkup tentang kebutuhan yang diinginkan pengguna.
                    
                                            b.   Pesan Pengguna
                                                   1. Agar peralatan di dalam Lab D.2.I lebih diperbaiki dan dibuat seoptimal mungkin sehingga pengguna tidak merasa menemui masalah.
                                                  2. Kebersihan dan kenyamanan dalam pengguna Laboratorium perlu dijaga agar para pengguna merasa tidak risih dalam menggunakan Laboratorium tersebut.
BAB III
                PENUTUP  
1.      Kesimpulan
      Dari penelitian diatas dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain bahwa perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan di bidang pendidikan takterkecuali proses belajar mengajar di Universitas Dian Nuswantoro. Oleh karena itu pemenuhan kebutuhan seperti sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang hal tersebut agar tercipta proses belajar mengajar yang nyaman bagi dosen dan mahasiswa. Pemenuhan prasarana dalam hal ini dimisalkan dengan pemenuhan fasilitas Laboratorium beserta perlatan dan aplikasi , software apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar.
            Pada Labortorium D.2.I tersebut memakai model koneksi client server karena setiap komputer yang berada di dalam Laboratorium D.2.I berhubungan atau memiliki hubungan koneksi dengan sebuah server yang berada di UPT Universitas Dian Nuswantoro.
            Masing-masing Laboratorium yang berada di Universitas Dian Nuswantoro tersebut memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan peralatan, software dan aplikasi yang berada di Laboratorium tersebut yang berguna untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dan menunjang proses pembelajaran. Misalnya, pada Laboratorium di D.2.I, fungsi dari Laboratorium D.2.I yaitu digunakan sebagai Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak.
            Dan peralatan yang berada dalam Laboratorium yang berada di Universitas Dian Nuswantoro sama seperti HUB, dan kabel UTP, serta setiap komputer client yang berada di Lab terhubung oleh server yang sama yang berada di UPT.
2.      Saran
         Saran yang dapat diambil dari penelitian diatas adalah agar peralatan yang berada di Laboratorium D.2.I misalnya komputer, CPU lebih diperbaiki lagi sehingga para pengguna tidak mengeluh apabila menggunakan Laboratorium D.2.I.
          Masing-masing Laboratorium harus dijaga baik pengguna maupun penanggung jawab Lab. Sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman. Serta diperlukannya pemenuhan aplikasi maupun software yang dapat menunjang fungsi dari Laboratorium itu sendiri sehingga keberadan Laboratorium tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna.
         Dan penggunaan Laboratorium tersebut harus digunakan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan sehingga penggunaan Laboratorium tersebut berguna dan penting untuk kelangsungan proses pembelajaran.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "makalah jaringan komputer lanjut"