Istilah Dalam Dunia Teknologi Komunikasi



Sebagai seorang pelaku teknologi komunikasi terutama ponsel, tentunya kita tahu apa saja istilah-istilah yang sering digunakan dalam teknologi komunikasi tersebut, berikut beberapa istilah buat kamu yang doyan mengkoleksi ponsel-ponsel canggih :
GPRS
General Packet Radio System (GPRS), sering disebut juga teknologi generasi 2,5 yakni teknologi yang memiliki kecepatan mentrasfer data hingga kecepatan 115 kbps.
3G
Third Generation adalah teknologi generasi ketiga/fase ketiga yang ditandai dengan kemampuan jaringan selular untuk mendukung komunikasi data berkecepatan tinggi. Kecepatan transferdata layanan 3G mencapai 3 Mbps. Dengan teknologi ini pengguna ponsel dapat menikmati layanan Video Call.

GPS
General Positioning System adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh signal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi.
PTT
Push To Talk, Teknologi yang mirip dengan Walkie Talkie, hanya saja jalur komunikasinya menggunakan akses internet (data). Layanan ini harus didukung oleh Operator Selular.
TFT
Thin Film Transistor merupakan salah satu jenis matrix aktif LCD yang banyak pada layar TV, panel layar datar dan Proyektor. sekarang TFT sudah diadopsi di Ponsel, PDA dan Piranti genggam lainnya. Sebagai catatan : Saat ini Kualitas TFT masih yang paling baik.
CSTN
Berbeda dengan TFT, teknologi CSTN  “Color Super Twist Nematic”merupakan jenis matrix pasif, kualitasnya tentu dibawah TFT dan harganyapun jelas jauh lebih murah.
VGA
Pada Fitur Ponsel yang mendukung kamera VGA, itu berarti ukuran gambar yang dihasilkan oleh kamera dengan resolusi maksimal 640 x 480 setara dengan 0,3 Megapixel.
Wi-Fi
Wireless Fidelity yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Area Networks-WLAN). Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengguna WLAN dan LAN saja. namun saat ini lebih banyak digunakan untuk akses internet. Hal ini memungkinkan kita pengguna ponsel maupun PDA “Personal Digital Assistant” untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (hotspot) terdekat.
Bluetooth A2DP
Adalah Teknologi bluetooth pada Versi 2.0 atau yang lebih baru yang dilengkapi dengan A2DP“Advance Audio Distribution Profile” yang memungkinkan pengiriman suara stereo.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Istilah Dalam Dunia Teknologi Komunikasi"