Pengertian Dan Macam macam Aplikasi Database



Database merupakan kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu. Database tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Program aplikasi termasuk dalam kelompok database, antara lain berikut.
a. Microsoft Access
Microsoft Access adalah paket software database relasional yang memudahkan pengguna program dalam membuat dan mengelola data base kompleks. Access mempunyai kemampuan dalarr membuat database cepat menggunakan design atau dengan menggunakan Access Data base Wizard Microsoft menyediakan semua fasilitas untuk memasukan dan memanipulasi data. Database flat adalah usaha membangun sebuah basis pengolahan data yang tidak mempunyai hubungan antara tabel yang satu dengan yang lain. Microsoft Access merupakan salah satu program Microsoft Office yang difungsikan untuk mengolah data base. Program ini bekerja di bawah sistem operasi Microsoft Windows.

b. Open Office Datasource
Program Datasource merupakan bagain dari program Open Office yang berbasis pada program Linux. Dasar pengoperasian program Open Office dirancang mirip dengan Microsoft Office.
c. FoxBase
FoxBase mempunyai karakter yang hampir sama dengan program dBase. Hampir semua statemen yang ada dalam dBase dapat digunakan dalam program ini. FoxPlus dan FoxPro merupakan hasil pengembangan dari program ini. Pada mulanya FoxBase digunakan pada sistem operasi DOS, namun pada perkembangannya mulai digunakan pada sistem operasi berbasis Windows. Perintah yang diberikan pada program FoxBase menggunakan dot prompt atau menggunakan program SideKick.
d. dBase
dBase adalah suatu sistem pengelolaan data yang dirancang berdasarkan metode pendekatan relasional dengan aspek pemrograman untuk pemakaian interaktif dan pengembangan aplikasi-aplikasi yang diprogramkan. dBase merupakan suatu media yang memungkinkan pemakai dengan mudah dapat membentuk data basenya sendiri dan memanipulasinya.
Pada perkembangannya lahir program dBase III+, dan dBase IV. Program ini dirancang untuk sistem operasi DOS. Perintah yang diberikan melalui dot prompt ataupun melalui bahasa pemprograman yang disusun melalui program SideKick.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Dan Macam macam Aplikasi Database"